Attarwiyah, Nadiatul Maziyyah (2025) DEKONSTRUKSI SISTEM PENDIDIKAN PESANTREN DI PONDOK PESANTREN AL-QODIRI 02 KREBET GUMUKMAS JEMBER (TAHUN PELAJARAN 2008-2018). Masters thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
TESIS NADIA WATERMARK.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (15MB) |
Abstract
Pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam memiliki karakter dan sistem
khas yang telah mengakar kuat. Namun, di tengah arus perubahan zaman yang
kompleks, mempertahankan tradisi saja tidak lagi memadai. Pesantren dituntut
melakukan modernisasi sistem pendidikan, agar tetap relevan dan kompetitif.
Dekonstruksi sistem pendidikan menjadi langkah strategis yang mendesak,
menjadikan penelitian ini penting untuk mengungkap arah transformasi pesantren
di era kontemporer.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana bentuk pengembangan
substansi pendidikan di Pondok Pesantren Al-Qodiri 02 Gumukmas Jember, 2)
Bagaimana pengembangan metodologi pengajaran yang diterapkan, 3) Bagaimana
pengembangan kelembagaan yang dilakukan, dan 4) Bagaimana pengembangan
fungsi pesantren yang berkembang di lingkungan tersebut. Tujuan penelitian ini
untuk mendeskripsikan dinamika dekonstruksi sistem pendidikan pesantren melalui
empat aspek utama tersebut.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus.
Penentuan informan dilakukan secara purposive, sementara teknik pengumpulan
data meliputi wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi.
Analisis data dilakukan melalui tahapan: pengumpulan data, kondensasi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validitas data diuji melalui triangulasi
sumber dan metode, perpanjangan observasi, serta member check.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses modernisasi sistem
pendidikan di Pondok Pesantren Al-Qodiri 02 Gumukmas Jember merupakan
bentuk dekonstruksi struktural yang berlangsung secara bertahap melalui lima fase
strategis: preparing, unfreezing, changing, refreezing, dan evaluating. Transformasi
ini mencakup: pertama, integrasi substansi pendidikan antara ilmu keislaman klasik
dan pengetahuan umum; kedua, adopsi metodologi pengajaran yang interaktif,
partisipatif, dan aplikatif; ketiga, revitalisasi kelembagaan melalui pendirian unit
pendidikan formal tingkat sekolah menengah pertama, menengah atas, hingga
kejuruan; dan keempat, perluasan fungsi pesantren menjadi pusat pendidikan
multidisipliner, pengembangan bahasa asing, pendidikan karakter dan kebangsaan,
serta digitalisasi dan media dakwah. Temuan formal dari penelitian ini adalah
bahwa dekonstruksi sistem pendidikan pesantren di Pondok Pesantren Darut
Tholibin Al-Qodiri 02 bersifat Transformasional Integratif-Konseptual berbasis
Nilai dan Konteks, yang secara aktif merespons kebutuhan zaman tanpa kehilangan
akar identitas keislaman dan tradisi pesantren.
Kata Kunci: Dekonstruksi, Modernisasi Sistem Pendidikan, Pesantren
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development |
Divisions: | Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | nadia maziyyah |
Date Deposited: | 01 Jul 2025 08:23 |
Last Modified: | 01 Jul 2025 08:23 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/44962 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |