Inovasi Pembelajaran Berdiferensiasi pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Menumbuhkan Kreativitas Peserta Didik di SMP Bustanul Makmur Genteng Banyuwangi dan SMP Negeri 1 Cluring Banyuwangi

Nasrodin, Nasrodin (2025) Inovasi Pembelajaran Berdiferensiasi pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Menumbuhkan Kreativitas Peserta Didik di SMP Bustanul Makmur Genteng Banyuwangi dan SMP Negeri 1 Cluring Banyuwangi. Doctoral thesis, UIN KHAS Jember.

[img] Text
Disertasi - NasrodinI-1.pdf

Download (6MB)

Abstract

Nasrodin, 2025. Inovasi Pembelajaran Berdiferensiasi pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Menumbuhkan Kreativitas Peserta Didik di SMP Bustanul Makmur Genteng dan SMP Negeri 1 Cluring. Disertasi. Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana UIN KHAS Jember. Promotor: Prof. Dr. H. Hepni, S.Ag., M.M. Co. Promotor: Dr. H. Ubaidillah, M.Ag.

Kata Kunci: Inovasi, Pembelajaran Berdiferensiasi, Kreativitas Peserta Didik

Karakteristik peserta didik yang beragam mencerminkan potensi unik yang harus dikembangkan sesuai dengan keunikannya, seperti kesiapan belajar, minat, bakat, dan gaya belajar. Namun, realitanya keunikan tersebut belum sepenuhnya mendapat perhatian yang serius, hal ini terlihat ketika pembelajaran, dimana peserta didik masih mendapat materi yang sama, guru cenderung menggunakan metode yang sama, dan peserta didik dituntut memperoleh hasil yang sama. Oleh karena itu, diperlukan pembelajaran yang mampu mengakomodir keunikan tersebut sehingga mampu menumbuhkan kreativitas peserta didik.
Fokus pada penelitian ini bagaimanakah inovasi pembelajaran berdiferensiasi konten, proses, dan produk pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dalam menumbuhkan kreativitas peserta didik?, Tujuan penelitian ini mendeskrisikan inovasi pembelajaran berdiferensiasi konten, proses, dan produk pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dalam menumbuhkan kreativitas peserta didik. Manfaat dari penelitian ini dapat menambah wawasan khasanah keilmuan terkait inovasi pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam menumbuhkan kreativitas peserta didik, serta dapat mengembangkan konsep pada ruang lingkup pembelajaran berdiferensiasi dan kreativitas peserta didik.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Penelitian ini berlokasi di SMP Bustanul Makmur Genteng dan SMP Negeri 1 Cluring. Informan penelitian meliputi Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Guru Bimbingan Konseling, Guru Pendidikan Agama Islam, dan Siswa. Pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif dari Milles dan Hunberman yaitu: pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penerikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi pembelajaran berdiferensiasi mencakup: Inovasi diferensiasi konten terlihat dari penerapan Kurikulum Merdeka, analisis capaian pembelajaran, modifikasi tujuan dan alur pembelajaran, modul ajar, in house training, pembentukan komunitas belajar, pengelompokan homogen dan heterogen, serta pemanfaatan media interaktif. Inovasi diferensiasi proses tampak dari strategi pengelompokan homogen dan heterogen serta penerapan metode beragam. Inovasi diferensiasi produk, tercermin pada evaluasi formatif, sumatif, dan refleksi, dengan produk peta konsep, infografis, peragaan gerakan, dan rekaman video. Seluruh inovasi menumbuhkan kreativitas, yang tercermin pada rasa ingin tahu, tekun dan tidak mudah bosan, percaya diri dan mandiri, tertantang oleh kompleksitas, berani mengambil resiko dan berfikir divergen.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Program Doktoral > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nasrodin Nasrodin
Date Deposited: 19 Aug 2025 03:49
Last Modified: 19 Aug 2025 03:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/44969

Actions (login required)

View Item View Item