PEMAKNAAN NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI KEBERADAAN TEMPAT IBADAH LINTAS AGAMA DI SMAN 1 ROGOJAMPI TARUNA BUDAYA BANYUWANGI

Anggita Sari, Dwi (2025) PEMAKNAAN NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI KEBERADAAN TEMPAT IBADAH LINTAS AGAMA DI SMAN 1 ROGOJAMPI TARUNA BUDAYA BANYUWANGI. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
DWI ANGGITA SARI_SKRIPSI WATERMAK.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Kata Kunci: Moderasi Beragama, Pendidikan Agama Islam, Tempat Ibadah, Lintas Agama, Toleransi
Indonesia sebagai negara yang majemuk memerlukan penanaman nilai-nilai moderasi beragama salah satunya melalui jalur pendidikan seperti sekolah. Sekolah memiliki peran strategis dalam penanaman moderasi beragama terutama membentuk peserta didik yang toleran dan mampu hidup berdampingan secara damai di tengah keberagaman. Salah satu cara yang efektif adalah melalui keberadaan dua tempat ibadah dalam satu lingkungan sekolah. Di SMAN 1 Rogojampi Taruna Budaya, keberadaan musala dan tempat peribadatan agama Hindu berdampingan menjadi media langsung bagi peserta didik untuk memahami keberagaman. Pengalaman ini memungkinkan mereka menginternalisasi nilai-nilai moderasi beragama: tasamuh (toleransi), tawassuth (jalan tengah), dan i'tidal (keadilan).
Fokus Penelitian dalam skripsi ini adalah: 1). Bagaimana peserta didik memaknai nilai tasamuh, tawassuth, dan i’tidal melalui keberadaan tempat ibadah lintas agama?. 2). Bagaimana pembelajaran Pendidikan Agama Islam berkontribusi terhadap pemaknaan nilai-nilai moderasi beragama oleh peserta didik melalui keberadaan tempat ibadah lintas agama?. 3). Bagaimana keterkaitan antara pemaknaan nilai-nilai moderasi beragama dengan praktik moderasi beragama peserta didik ditengah keberadaan tempat ibadah lintas agama di sekolah?.
Tujuan penelitian ini adalah: 1). Untuk mendeskripsikan pemaknaan peserta didik terhadap nilai tasamuh, tawassuth, dan i’tidal melalui keberadaan tempat ibadah lintas agama. 2). Untuk menganalisis kontribusi pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap pemaknaan nilai-nilai moderasi beragama oleh peserta didik melalui keberadaan tempat ibadah lintas agama. 3). Untuk mengungkap keterkaitan antara pemaknaan nilai-nilai moderasi beragama dan praktik moderasi beragama peserta didik di tengah keberadaan tempat ibadah lintas agama di sekolah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari peserta didik dari tiga agama (Islam, Hindu, dan Kristen), Kepala Sekolah, Guru PAI dan Guru Pendidikan Agama Hindu.
Hasil penelitian menunjukkan Peserta didik lintas agama di SMAN 1 Rogojampi Taruna Budaya memaknai nilai-nilai moderasi beragama melalui pengalaman langsung dengan keberadaan tempat ibadah lintas agama (musala dan tempat peribadatan agama Hindu) di sekolah selain itu, Pendidikan Agama Islam di sekolah juga berkontribusi signifikan dalam membentuk sikap toleransi dan moderasi beragama peserta didik, dan keberadaan dua tempat ibadah dalam satu lingkungan sekolah tidak hanya menjadi wadah fisik tetapi juga menjadi tempat pembelajaran yang bermakna bagi peserta didik untuk memahami, menghayati dan menerapkan sikap moderat dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2002 Cultural Studies > 200209 Multicultural, Intercultural and Cross-cultural Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220499 Religion and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dwi Anggita Sari
Date Deposited: 01 Jul 2025 08:36
Last Modified: 01 Jul 2025 08:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/44974

Actions (login required)

View Item View Item