Tindakan Preventif Dekadensi Moral Peserta Didik Melalui Bimbingan Konseling Di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso Tahun Akademik 2023/2024

Zilfani Alfadilah, Rifki (2025) Tindakan Preventif Dekadensi Moral Peserta Didik Melalui Bimbingan Konseling Di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso Tahun Akademik 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Rifki Zilfani Alfadilah_T20181227 (1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (16MB)

Abstract

Rifki Zilfani Alfadilah, 2024: “Tindakan Preventif Dekadensi Moral Peserta Didik Melalui Bimbingan Konseling Di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso Tahun Akademik 2023/2024”.

Kata Kunci: Tindakan Preventif, Dekadensi Moral, Bimbingan Konseling

Tindakan preventif sangat krusial dalam mengatasi dekadensi moral peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso. Oleh karena itu, diperlukan kerja sama yang solid antara guru dan konselor untuk mengidentifikasi dan menangani masalah-masalah yang berpotensi mempengaruhi moralitas siswa. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah melalui bimbingan konseling yang terstruktur dan terarah, sehingga dapat membantu siswa mengembangkan karakter yang positif dan mencegah terjadinya dekadensi moral.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana tindakan preventif yang telah dilakukan oleh sekolah untuk mengatasi dekadensi moral peserta didik? 2) Bagaimana Keterlibatan guru , orang tua dan pihak sekolah untuk mendukung tindakan preventif dekadensi moral? 3) Bagaimana peran bimbingan konseling dalam mencegah dekadensi moral peserta didik di MAN Bondowoso?
Tujuan penelitian ini adalah 1)Untuk mengetahui tindakan preventif yang telah dilakukan oleh sekolah untuk mengatasi dekadensi moral peserta didik. 2) Untuk mengetahui keterlibatan guru , orang tua dan pihak sekolah untuk mendukung tindakan preventif dekadensi moral peserta didik. 3)Untuk Mengetahui peran bimbingan konseling dalam mencegah dekadensi moral peserta didik di MAN Bondowoso
Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian yaitu penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan Model Miles, Huberman dan Saldana, serta keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Dilakukan sosialisasi oleh pihak madrasah kepada Wali Murid Dan Siswa/i Baru tentang Tatib yang sudah terstruktur.. (2) Perlunya kawalan dan pengawasan kolaboratif dari guru orang tua / wali siswa serta pihak sekolah tentang tatib yg berlaku(3) Mengidentifikasi masalah dan Pemahaman , Pemberian Layanan Konseling Individu dan Kelompok, Kolaborasi dengan Guru dan Orang Tua

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1902 Film, Television and Digital Media > 190201 Cinema Studies
19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1902 Film, Television and Digital Media > 190202 Computer Gaming and Animation
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Men Rifki Zilfani Alfadilah
Date Deposited: 01 Jul 2025 08:27
Last Modified: 01 Jul 2025 08:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/44977

Actions (login required)

View Item View Item