Internalisasi Nilai Islam Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di Kelas IX Madrasah Tsanawiyah Plus Al-Ishlah Mimika, Papua Tengah Tahun Pelajaran 2024 / 2025

Fathur Rohman, Moh Zuhal (2025) Internalisasi Nilai Islam Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di Kelas IX Madrasah Tsanawiyah Plus Al-Ishlah Mimika, Papua Tengah Tahun Pelajaran 2024 / 2025. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
THESIS SIDANG 1 MOH ZUHAL F R.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK

Rohman, Moh. Zuhal Fathur, 2025. Internalisasi Nilai Islam Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di Kelas IX Madrasah Tsanawiyah Plus Al-Ishlah Mimika, Papua Tengah Tahun Pelajaran 2024 / 2025. Tesis. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Pascasarjana Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Pembimbing I : Prof. Dr. Moch. Chotib, S.Ag., M.M. Pembimbing II : Dr. H. Abd. Muhith, S. Ag., M.Pd.I
Kata Kunci: Internalisasi Nilai Islam, Pembentukan Karakter
Pendidikan karakter berbasis nilai-nilai Islam menjadi kebutuhan penting dalam membentuk generasi yang berakhlak mulia di tengah arus globalisasi dan perubahan sosial yang pesat. Tantangan seperti degradasi moral, pengaruh media digital, serta keberagaman budaya dan agama di daerah minoritas Muslim seperti Kabupaten Mimika, Papua Tengah.
Fokus dari penelitian ini adalah : 1) Bagaimana proses internalisasi nilai Islam dalam membentuk karakter siswa kelas IX Madrasah Tsanawiyah Plus Al-Ishlah Mimika, Papua Tengah tahun pelajaran 2024 / 2025, 2) Bagaimana metode internalisasi nilai Islam dalam membentuk karakter siswa kelas IX Madrasah Tsanawiyah Plus Al-Ishlah Mimika, Papua Tengah tahun pelajaran 2024 / 2025, 3) Bagaimana dampak internalisasi nilai Islam dalam membentuk karakter siswa kelas IX Madrasah Tsanawiyah Plus Al-Ishlah Mimika, Papua Tengah tahun pelajaran 2024 / 2025.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses, metode dan dampak internalisasi nilai Islam dalam membentuk karakter siswa kelas IX Madrasah Tsanawiyah Plus Al-Ishlah Mimika, Papua Tengah tahun pelajaran 2024 / 2025.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan model Miles, Huberman, dan Saldana dengan tahapan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa internalisasi nilai Islam dilaksanakan secara sistematis melalui tiga tahap utama : transformasi nilai (penyampaian dan pengenalan nilai), transaksi nilai (interaksi dan refleksi nilai melalui dialog dan bimbingan), serta transinternalisasi nilai (nilai menjadi bagian dari kepribadian siswa). Metode yang digunakan mencakup keteladanan guru, pembiasaan kegiatan religius harian, nasihat, serta penegakan aturan berbasis keadilan Islam dengan pendekatan SALARAS (sayang, telaten, keras) yang menyeimbangkan pembinaan, disiplin, reward dan punishment. Dampak dari internalisasi nilai Islam di Madrasah Tsanawiyah Plus Al-Ishlah Mimika, berhasil membentuk karakter siswa yang religius dan disiplin.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Moh Zuhal Fathur Rohman
Date Deposited: 02 Jul 2025 02:01
Last Modified: 02 Jul 2025 02:01
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/45026

Actions (login required)

View Item View Item