manasikana, arina (2025) IMPLEMENTASI SEGREGASI KELAS BERBASIS GENDER TERHADAP KEMANDIRIAN SISWA MELALUI PROGRAM KARYA SASTRA DI MADRASAH ALIYAH DARUL HIKAM JEMBER. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI JEMBER.
![]() |
Text
SKRIPSI_SIDANG_ARIN FIXXXXXXX..pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
Pendidikan memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan kemandirian siswa. Salah satu pendekatan yang diterapkan dalam lingkungan pendidikan berbasis pesantren adalah segregasi kelas berbasis gender. Kebijakan ini bertujuan menciptakan lingkungan belajar yang lebih kondusif, sesuai dengan nilai-nilai Islam. Namun, segregasi gender juga menimbulkan tantangan dalam aspek interaksi sosial dan akademik. Untuk mengembangkan kemandirian siswa, Madrasah Aliyah Darul Hikam Jember menerapkan program karya sastra sebagai upaya membangun pola pikir kritis, kreatif, dan mandiri dalam berkarya.
Penelitian ini berfokus pada tiga aspek utama: (1) bagaimana kebijakan segregasi kelas berbasis gender diterapkan di Madrasah Aliyah Darul Hikam Jember, (2) bagaimana pelaksanaan program karya sastra dalam lingkungan segregasi gender, dan (3) bagaimana program ini mempengaruhi tingkat kemandirian siswa.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan kebijakan segregasi kelas berbasis gender di Madrasah Aliyah Darul Hikam Jember, (2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan program karya sastra dalam lingkungan segregasi kelas berbasis gender di Madrasah Aliyah Darul Hikam Jember, (3) Untuk mendeskripsikan tingakat kemandirian siswa melalui program karya sastra di Madrasah Aliyah Darul Hikam Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode field research yaitu penelitian lapangan. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini memperoleh temuan : (1) Pemisahan kelas ini membantu menciptakan lingkungan belajar yang lebih kondusif bagi siswa, sehingga mereka lebih fokus dalam proses pembelajaran. (2) Program karya sastra dirancang untuk meningkatkan literasi siswa melalui proses membaca, menulis, dan mengedit. Meski akses referensi terbatas, siswa tetap produktif berkat dukungan guru dan perpustakaan. (3) Program karya sastra memiliki kontribusi besar dalam meningkatkan kemandirian siswa. Mereka belajar mengelola waktu dengan lebih baik karena program ini dilakukan sebelum jam pelajaran dimulai, sehingga mereka harus datang tepat waktu ke sekolah. Selain itu, program ini juga mendorong siswa untuk berpikir kritis dalam mencari ide dan referensi, serta meningkatkan kreativitas mereka dalam menuangkan gagasan ke dalam tulisan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | S.Pd ARINA MANASIKANA |
Date Deposited: | 02 Jul 2025 02:09 |
Last Modified: | 02 Jul 2025 02:09 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/45033 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |