IMPLEMENTASI METODE KAISA DALAM MENINGKATKAN KETRAMPILAN MENGHAFAL SURAT-SURAT PENDEK DI RAUDHATUL ATHFAL ULUL ALBAB JEMBER

Nadhifah, Dinda Naurah (2025) IMPLEMENTASI METODE KAISA DALAM MENINGKATKAN KETRAMPILAN MENGHAFAL SURAT-SURAT PENDEK DI RAUDHATUL ATHFAL ULUL ALBAB JEMBER. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Dinda Naurah Nadhifah_211101050020.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Dinda Naurah Nadhifah, 2025: implementasi metode dalam meningkatkan
ketrampilan menghafal surat-surat pendek di Raudhatul Athfal Ulul Albab
Jember.
Kata kunci: Metode kaisa, Gerakan Kinestetik, Pengulangan
Menyenangkan, Tahfidz, Anak Usia Dini, Surat-Surat Pendek.
Anak usia dini merupakan generasi yang berada dalam masa
perkembangan paling pesat dan sensitif yang dikenal sebagai golden age. Pada
masa ini, anak-anak sangat mudah menyerap informasi, termasuk dalam hal
spiritualitas seperti pembelajaran Al-Qur’an. Kegiatan menghafal surat-surat
pendek menjadi salah satu sarana penting untuk membentuk karakter dan nilai-
nilai keagamaan sejak dini. Salah satu metode inovatif yang digunakan adalah
metode KAISA, yaitu singkatan dari Kinestetik, Auditori, Visual, dan Asosiasi,
yang dirancang untuk menyesuaikan pembelajaran dengan gaya belajar anak.
Fokus penelitian pada skripsi ini adalah 1) bagaimana gerakan kinestetik
meningkatkan ketrampilan menghafal surat-surat pendek di Raudhatul Athfal Ulul
Albab Jember. 2). Bagaimana pengulangan yang menyenangkan dalam
meningkatkan ketrampilan menghafal surat-surat pendek di Raudhatul Athfal Ulul
Albab Jember.
Tujuan penelitian ini untuk 1) mendeskripsikan gerakan kinestetik dalam
meningkatkan ketrampilan menghafal surat-surat pendek di Raudhatul Athfal Ulul
Albab Jember 2) mendeskripsikan pengulangan yang menyenangkan dalam
meningkatkan ketrampilan menghafal surat-surat pendek di Raudhatul Athfal Ulul
Albab Jember.
Pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan
jenis deskriptif. Penentuan subjek pada penelitian ini menggunakan teknik
purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles,
Huberman, dan Saldana yang terdiri dari pengumpulan data, kondensasi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan
triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini adalah 1) gerakan kinestetik dalam meningkatkan
ketrampilan menghafal surat-surat pendek di Raudhatul Athfal Ulul Albab Jember
membantu anak dalam menghafal surat-surat pendek. Anak tidak hanya
menghafal lafadznya, tetapi juga memahami arti dari ayat yang dihafal melalui
gerakan yang disesuaikan dengan makna dari setiap lafadz. Proses menghafal
dengan melibatkan gerakan cenderung terasa menyenangkan sehingga anak suka
menirukan gerakan yang dicontohkan. Hal inilah yang membuat proses menghafal
menjadi lebih mudah, karna anak dapat menghafalkan surat-surat pendek tanpa
adanya rasa terpaksa. 2) pengulangan yang menyenangkan dalam meningkatkan
ketrampilan menghafal surat-surat pendek di Raudhatul Athfal Ulul Albab Jember
dilakukan dengan cara yang interaktif dan bervariasi seperti diadakannya kuis dan
ice breaking untuk mengatasi rasa bosan pada anak. Selain itu pengulangan dalam
menghafal surat-surat pendek juga dilakukan setiap pagi sebelum anak masuk
kelas. Dengan demikian, seiring waktu anak dapat mencapai target hafalannya
serta memperkuat surat-surat pendek lain yang sudah dihafalkan oleh anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Dinda Naurah Nadhifah
Date Deposited: 02 Jul 2025 02:59
Last Modified: 02 Jul 2025 02:59
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/45053

Actions (login required)

View Item View Item