Penerapan Metode Takror Pada Kitab Mukhtassar Jiddan Untuk Pembinaan Membaca Kitab Mahasantri Kelas Wustho Ma'had Al-Jami'ah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember Tahun 2024-2025

Anwar, Khoirul (2025) Penerapan Metode Takror Pada Kitab Mukhtassar Jiddan Untuk Pembinaan Membaca Kitab Mahasantri Kelas Wustho Ma'had Al-Jami'ah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember Tahun 2024-2025. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Khoirul Anwar_212101010086-1.pdf

Download (2MB)

Abstract

Khoirul Anwar, 2025 : Penerapan Metode Takror Pada Kitab Mukhtasar Jiddan
Untuk Pembinaan Membaca Kitab Mahasantri Kelas Wustho Ma'had AlJami’ah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember Tahun
2024-2025.
Kata Kunci: Metode Takror, Kitab Mukhtashar Jiddan, Membaca Kitab,
Mahasantri, Ma’had Al-Jami’ah.
Membaca kitab kuning merupakan kemampuan penting bagi mahasantri
sebagai calon pendidik. Namun, mahasantri kelas Wustho Ma’had Al-Jami’ah UIN
KHAS Jember masih menghadapi kesulitan dalam memahami kitab berbahasa Arab
seperti kitab Mukhtashar Jiddan. Hal ini disebabkan oleh rendahnya pemahaman
nahwu, sharf, dan kosa kata arab, serta kurang efektifnya metode pembelajaran
yang digunakan. Oleh karena itu, diperlukan metode pembelajaran yang tepat, salah
satunya adalah metode Takror, yaitu metode pengulangan materi secara sistematis
untuk memperkuat pemahaman mahasantri.
Penelitian ini berfokus pada:, 1) Bagaimana proses penerapan Metode
Takror pada kitab Mukhtasar Jiddan untuk pembinaan membaca kitab mahasantri
kelas Wustho Ma'had Al-Jami’ah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad
Siddiq Jember Tahun 2024-2025?, 2) Bagaimana hasil penerapan Metode Takror
pada kitab Mukhtasar Jiddan untuk pembinaan membaca kitab mahasantri Kelas
Wustho Ma'had Al-Jami’ah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq
Jember Tahun 2024-2025 ?
Tujuan penelitian ini adalah untuk, 1) mendeskripsikan proses penerapan
metode takror pada kitab Mukhtasar Jiddan untuk pembinaan membaca kitab
mahasantri program studi Pendidikan Agama Islam Kelas Wustho Ma'had AlJami’ah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember Tahun 2024-
2025. 2) mendeskripsikan hasil penerapan metode takror pada kitab Mukhtasar
Jiddan untuk pembinaan membaca kitab mahasantri program studi Pendidikan
Agama Islam Kelas Wustho Ma'had Al-Jami’ah Universitas Islam Negeri Kiai Haji
Achmad Siddiq Jember Tahun 2024-2025
Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif Deskriptif, dengan teknik
pengumpulan data melalui Observasi, Wawancara, Dan Dokumentasi. Analisis data
dilakukan dengan langkah-langkah Kondensasi data, Penyajian data, dan penarikan
kesimpulan. Validitas data dijaga menggunakan teknik triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Proses penerapan metode takror
di kelas Wustho Ma’had Al-Jami’ah dimulai dengan Persiapan materi, dilanjutkan
dengan pembelajaran kitab Mukhtashar Jiddan, mahasantri kemudian melakukan
pengulangan materi secara pribadi, menjelaskan ulang di hadapan teman-teman,
dan penugasan untuk pertemuan berikutnya. 2) Hasil penerapan metode takror ini
adalah peningkatan pemahaman materi, kemudahan memahami dan mengingat
materi, serta kemampuan membaca kitab kuning yang baik bagi mahasantri kelas
Wustho Ma’had Al-Jami’ah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Khoirul Anwar
Date Deposited: 02 Jul 2025 03:28
Last Modified: 02 Jul 2025 03:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/45063

Actions (login required)

View Item View Item