Pengembangan media pembelajaran market day pada mata pelajaran matematika dalam materi Penjumlahan bersusun kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Amin Garahan Jember.

cahyani, Dwi (2025) Pengembangan media pembelajaran market day pada mata pelajaran matematika dalam materi Penjumlahan bersusun kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Amin Garahan Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Dwi Cahyani_212101040086.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (26MB)

Abstract

Dwi cahyani, 2025: Pengembangan media pembelajaran market day pada mata
pelajaran matematika dalam materi Penjumlahan bersusun kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Amin Garahan Jember.

Kata Kunci: Pengembangan Media, Market Day, Matematika, Penjumlahan
Bersusun, Kelas IV.
Pembelajaran Matematika di sekolah dasar sering kali dianggap sulit dan membosankan oleh peserta didik karena pendekatan yang kurang kontekstual dan minimnya media pembelajaran yang menarik sehingga mengakibatkan kurangnya keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran. Khususnya pada materi Penjumlahan bersusun. Oleh karena itu, diperlukan media pembelajaran interaktif yang menyenangkan, salah satunya menggunakan media pembelajaran market day dengan menggunakan kotak uang yang mensimulasikan proses jual beli.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana proses pengembangan media pembelajaran Market Day pada mata pelajaran Matematika materi penjumlahan bersusun di kelas IV MI Al-Amin Garahan Jember?, (2) Bagaimana kelayakan media pembelajaran Market Day berdasarkan validasi ahli media, ahli materi, dan ahli pembelajaran? Dan, (3) Bagaimana respon siswa terhadap media pembelajaran Market Day yang dikembangkan dalam pembelajaran Matematika materi penjumlahan bersusun?
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Market Day yang layak dan untuk mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran Market Day yang dikembangkan dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi penjumlahan bersusun disekolah dasar sehingga dapat menciptakan media yang layak untuk digunakan didalam proses pembelajaran.
Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) yang dimana metode ini digunakan untuk mengembangkan sebuah produk agar menciptakan sebuah produk yang lebih baik dan efisien dengan mengacu pada model pengembangan ADDIE yang terdiri dari beberapa tahap dalam pengembangannya diantaranya adalah: (1) analyze, (2) design, (3) development, (4) implement, (5) evaluate.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran Market Day mendapatkan penilaian "sangat layak" dari ahli media dengan rata-rata skor 90% dengan kategori sangat layak, dari ahli materi dengan rata-rata skor 92% dengan kategori sangat layak, dan ahli pembelajaran dengan rata-rata skor 91,11% dengan kategori sangat layak. Dengan demikian, media pembelajaran Market Day ini dinyatakan layak untuk digunakan sebagai alternatif pembelajaran matematika, khususnya dalam materi penjumlahan bersusun di kelas IV MI.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1905 Visual Arts and Crafts > 190502 Fine Arts (incl. Sculpture and Painting)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: S.Pd Dwi Cahyani
Date Deposited: 02 Jul 2025 04:16
Last Modified: 02 Jul 2025 04:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/45100

Actions (login required)

View Item View Item