Upaya Pengurus Kampung Lali Gadget Dalam Meminimalisir Kecanduan Gadget Pada Anak Di Wilayah Sidoarjo

Hardandy, Ammalia Nur Medina Putri (2025) Upaya Pengurus Kampung Lali Gadget Dalam Meminimalisir Kecanduan Gadget Pada Anak Di Wilayah Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
baru Skripsi Ammalia Nur Medina (1) 22_watermark.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (14MB)

Abstract

Penggunaan gadget kini sudah menjadi bagian yang sangat erat dalam kehidupan sehari hari terutama pada anak-anak. Namun, penggunaan yang berlebihan berdampak negatif pada perkembangan anak baik dari segi psikologis, sosial, pendidikan, maupun kesehatan. Dalam konteks ini, perhatian dari orang tua, dan masyarakat sangat penting untuk mengarahkan dan mengawasi pemakaian gadget pada anak agar tetap bijak dan seimbang. Kampung Lali Gadget hadir sebagai sebuah inisiatif yang bertujuan menciptakan lingkungan yang ramah anak dan mendukung aktivitas di luar ruangan tanpa ketergantungan gadget. Melalui berbagai kegiatan seperti permainan tradisional, workshop kerajinan, dan kegiatan outdoor learning.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Apa dampak yang muncul pada anak yang mengalami kecanduan gadget di wilayah Sidoarjo? 2) Bagaimana upaya pengurus Kampung Lali Gadget dalam meminimalisir dampak negatif penggunaan gadget pada anak di wilayah Sidoarjo?
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui apa dampak yang muncul pada anak yang mengalami kecanduan gadget di wilayah Sidoarjo. 2) Untuk mengetahui bagaimana upaya pengurus Kampung Lali Gadget dalam meminimalisir dampak negatif penggunaan gadget pada anak di wilayah Sidoarjo.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam semi terstruktur observasi partisipatif, dan dokumentasi. Kemudian Teknik analisis data menggunakan kondensasi data ( seleksi data, pengerucutan atau pemfokusan data), dan conclusion drawing/ verification (kesimpulan)
Penelitian ini sampai pada Kesimpulan gadget memiliki dua dampak yaitu dampak positif dan dampak negatif, dampak positif muncul ketika penggunaan gadget digunakan sebagaimana mestinya, tidak berlebihan dan tidak menyebabkan kecanduan. Gadget yang digunakan secara berlebihan dapat menimbulkan dampak negatif yang kompleks seperti sulit berkonsentrasi saat belajar, prokrastinasi belajar, tantrum, mengurung diri, dan masalah Kesehatan. Hal ini dapat diatasi dengan berbagai kegiatan yang menarik agar anak tidak cepat bosan. Mengatasi dampak negatif penggunaan gadget melalui berbagai aktivitas yang positif dan permainan tradisional yang menarik dan mendidik. Tujuan dari kegiatan tersebut untuk membantu anak menyeimbangkan penggunaan gadget dengan kegiatan yang bermanfaat dan mengembangkan karakter serta keterampilan hidup anak. Dengan melakukan kegiatan tersebut dapat mengalihkan perhatian anak dengan kegiatan yang positif sehingga dapat membantu mengurangi kecanduan gadget secara efektif dan menyenangkan bagi anak-anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160702 Counselling, Welfare and Community Services
Depositing User: Ammalia Nur Medina Putri Hardandy
Date Deposited: 02 Jul 2025 04:31
Last Modified: 02 Jul 2025 04:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/45112

Actions (login required)

View Item View Item