Mohammad David, Baehaqie (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN JAM PENJUMLAHAN PENGURANGAN PECAHAN (JP3) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PECAHAN KELAS V DI MIMA 36 NURUL HIDAYAH TAHUN PELAJARAN 2024-2025. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
WATERMAK_SKRIPSI_MOHAMMAD+DAVID+BAEHAQIE_T20194069dikompresi.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
Pengembangan Media Pembelajaran Jam Penjumlahan Pengurangan Pecahan (JP3) Pada Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Kelas V Di MIMA 36 Nurul Hidayah Ambulu Jember
Kata Kunci : Media Pembelajaran, JP3, Pembelajaran Matematika, Materi Pecahan.
Kurangnyaa penggunaan media dalam proses pembelajaran matematika oleh guru menyebabkan kesulitan dalam memusatkan perhatian peserta didik pada proses pembelajaran matematika. Hal ini mengabikatkan peserta didik merasa bosan dan sulit memahami materi. Maka dari itu perlu dikembangkan media pembelaejaran JP3 yang menarik untuk meningkatkan semangat dan antusias dalam belajar sehingga menjadi pembelajaran menjadi lebih efektif.
Penelitian dan pemgembangan ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan proses Pengembangan Media Pembelajaran JP3 Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Pecahan Kelas V di MIMA 36 Nurul Hidayah. 2) Mendeskripsikan Kelayakan Pengembangan Media Pembelajaran JP3 Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Pecahan Kelas V di MIMA 36 Nurul Hidayah. 3) Mendeskripsikan Kepraktisan Pengembangan Media Pembelajaran JP3 Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Pecahan Kelas V di MIMA 36 Nurul Hidayah. 4) Mendeskripsikan Keefektifan Pengembangan Media Pembelajaran JP3 Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Pecahan Kelas V di MIMA 36 Nurul Hidayah
Metode penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model yang dikembangan oleh Reiser & Mollenda yaitu ADDIE yaitu Analyze (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Subjek dari penelittian ini merupakan angket validator ahli (media, materi dan bahasa) dengan menggunakan angket validasi, dan angket ahli pembelajaran (guru kelas) serta angket respon peserta didik terhadap media jam penjumlahan pengurangan pecahan.
Berdasarkan hasil penelitian pengembangan media pembelajaran JP3 jam penjumlahan pengurangan pecahan, maka dapat disimpulkan: 1) Proses pengembangan melalui model ADDIE media JP3 merupakan suatu media pembelajaran yang mudah dibuat dan di kembangkan oleh semua orang. Karena media pembelajaran ini dibuat menggunakan papan dengan bentuk menyerupai jam. Pembuatan media ini juga dibuat berdasarkan pada materi pecahan kelas V tentang penjumlahan dan pengurangan pecahan. 2) Hasil kelayakan dari Ahli Media pembelajaran mendapatkan skor 92,5% dan hasil dari ahli materi mendapatkan skor 92%. 3) Hasil Kepraktisan media JP3 dari ahli pembelajaran mendapat skor rata-rata dengan kategori sangat 96,25%. Hasil respon peserta didik mendapatkan skor 95% dengan kategori sangat valid atau dikatakan layak, karena hasil skor yang didapatkan memiliki rata-rata 90% keatas. 4) Hasil kefektifan media pembelajaran JP3 mendapat presentase keefektifan produk dengan hasil 75% sehingga media JP3 sangat efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010101 Algebra and Number Theory |
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mohammad David Baehaqie |
Date Deposited: | 02 Jul 2025 08:20 |
Last Modified: | 02 Jul 2025 08:20 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/45114 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |