Asiya, Siti (2025) Pengaruh Penerapan Metode Storytelling Terhadap Minat Baca dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah As-Syafi'iyah Wonorejo Kencong Jember. Masters thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
TESIS SITI ASIYA.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penerapan metode
storytelling terhadap minat baca dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran
Bahasa Indonesia. Penyampaian materi bahasa Indonesia melalui cerita
diharapkan dapat memudahkan pemahaman siswa, sekaligus meningkatkan minat
baca dan hasil belajar mereka. Dengan metode storytelling, siswa didorong untuk
lebih aktif, tertarik, dan mampu memahami materi secara lebih mendalam.
Rumusan masalah dalam penelitian ini mencakup: 1) Apakah terdapat
pengaruh penerapan metode storytelling terhadap minat baca siswa pada mata
pelajaran Bahasa Indonesia? 2) Apakah terdapat pengaruh metode storytelling
terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia? 3) Apakah
metode storytelling berpengaruh terhadap minat baca dan hasil belajar siswa pada
mata pelajaran Bahasa Indonesia?. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui
pengaruh penerapan metode storytelling terhadap minat baca siswa pada mata
pelajaran Bahasa Indonesia 2) Mengetahui pengaruh metode storytelling terhadap
hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia 3) Mengetahui pengaruh
metode storytelling terhadap minat baca dan hasil belajar siswa pada mata
pelajaran Bahasa Indonesia.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kuantitatif dengan jenis quasi eksperimen. Populasi penelitian adalah siswa kelas
V di Madrasah Ibtidaiyah As-Syafi'iyah Wonorejo-Kencong Jember dengan
jumlah sampel sebanyak 50 siswa, yang terbagi dalam dua kelas yaitu 25 siswa
kelas eksperimen dan 25 siswa kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel
menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan
angket dan tes, sedangkan analisis data dilakukan menggunakan uji ANOVA
dengan bantuan SPSS versi 25.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang
signifikan penggunaan metode storytelling terhadap minat baca siswa pada mata
pelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah As-Syafi'iyah Wonorejo-
Kencong Jember, ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, sehingga H0
ditolak dan Ha diterima. (2) Terdapat pengaruh signifikan penggunaan metode
storytelling terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di
Madrasah Ibtidaiyah As-Syafi'iyah Wonorejo-Kencong Jember, dengan nilai
signifikansi 0,000 < 0,05. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan
metode storytelling terhadap minat baca dan hasil belajar siswa secara simultan
pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah As-Syafi'iyah
Wonorejo-Kencong Jember, berdasarkan hasil uji ANOVA dengan nilai
signifikansi 0,000 < 0,05.
Kata Kunci: metode storytelling, minat baca, hasil belajar Bahasa Indonesia
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130299 Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified |
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mrs Siti Asiya |
Date Deposited: | 02 Jul 2025 04:44 |
Last Modified: | 02 Jul 2025 04:44 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/45133 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |