Promosi Sekolah melalui Media Sosial TikTok di Satuan Paud Anggur Sejenis Anggur 25 Umbulsari Jember

Yusiana, Yusiana (2025) Promosi Sekolah melalui Media Sosial TikTok di Satuan Paud Anggur Sejenis Anggur 25 Umbulsari Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI YUSIANA WM UIN FINALLL...pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Promosi sekolah menjadi bagian penting dalam meningkatkan citra daya saing lembaga pendidikan, terlebih di era digital saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan promosi sekolah melalui media sosial TikTok sebelum dan sesudah digunakan di SPS (Satuan Paud Sejenis) Anggur 25 Umbulsari Jember serta untuk mengetahui apakah penggunaan media sosial TikTok mampu menyelesaikan permasalahan promosi di sekolah tersebut
Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah Bagaimana promosi sekolah melalui media sosial TikTok sebelum dan sesudah digunakan di SPS (Satuan Paud Sejenis) Anggur 25 Umbulsari Jember, Apakah promosi sekolah menggunakan media sosial tiktok bisa menyelesaikan masalah promosi di SPS (Satuan Paud Sejenis) Anggur 25 Umbulsari Jember. Dengan tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan bagaimana promosi sekolah sebelum dan sesudah digunakan di SPS (Satuan Paud Sejenis) Anggur 25 Umbulsari Jember, untuk mendeskripsikan bagaiamana masalah promosi sekolah diselesaikan dengan media sosial TikTok di SPS (Satuan Paud Sejenis) Anggur 25 Umbulsari Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Action Research dengan siklus perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data,penarikan kesimpulan, serta analisis siklus.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa promosi sekolah melalui TikTok memberikan dampak positif bagi visibilitas dan citra sekolah. Terjadi peningkatan interaksi di media sosial, seperti jumlah penonton, suka, komentar, hingga pesan masuk dari calon wali murid. Selain itu, terdapat peningkatan jumlah pendaftar baru setelah promosi melalui TikTok dilakukan. Dengan demikian, promosi melalui TikTok terbukti dapat menjadi solusi yang inovatif dan relevan dalam meningkatkan efektivitas promosi sekolah di era digital.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Yusiana Yusiana
Date Deposited: 02 Jul 2025 04:47
Last Modified: 02 Jul 2025 04:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/45134

Actions (login required)

View Item View Item