Pengembangan Media Kotak Tangga Pintar (KTP) Pada Pembelajaran Matematika Materi Satuan Panjang Kelas III Sekolah Dasar Negeri (SDN) Tisnogambar 02 Jember

Sa'diyah, Siti Halimatus (2025) Pengembangan Media Kotak Tangga Pintar (KTP) Pada Pembelajaran Matematika Materi Satuan Panjang Kelas III Sekolah Dasar Negeri (SDN) Tisnogambar 02 Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Halimatus Sa'diyah_211101040033_Skripsi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Kata kunci: Pengembangan Media, Kotak Tangga Pintar (KTP), Pelajaran
Matematika
Matematika sebagai mata pelajaran dasar membutuhkan media
pembelajaran yang tepat agar siswa lebih mudah memahami materi secara
konkret. Namun, hasil observasi di kelas III SDN Tisnogambar 02 menunjukkan
siswa kesulitan memahami materi satuan panjang karena kurangnya penggunaan
media yang menarik dan konkret. Pada pembelajaran guru mengandalkan metode
ceramah dan buku paket. Sebagai solusi, dikembangkan media Kotak Tangga
Pintar (KTP) yang dirancang menyenangkan dan mendukung pembelajaran aktif
dan membantu siswa memahami materi atuan panjang melalui pendekatan
bermain sambil belajar.
Tujuan penelitian ini adalah 1)Mendeskripsikan proses pengembangan
media Kotak Tangga Pintar (KTP) pada pembelajaran matematika materi satuan
panjang kelas III SDN Tisnogambar 02 Jember. 2)Mendeskripsikan kelayakan
media Kotak Tangga Pintar (KTP) pada pembelajaran matematika materi satuan
panjang kelas III SDN Tisnogambar 02 Jember. 3)Mendeskripsikan keefektifan
media Kotak Tangga Pintar (KTP) pada pembelajaran matematika materi satuan
panjang kelas III SDNTisnogambar 02 Jember.
Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D)
dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi lima tahapan Tahap Analysis
dilakukan melalui observasi dan wawancara dengan wali kelas III untuk
memperoleh informasi mengenai kebutuhan siswa, karakteristik peserta didik,
serta materi yang akan diajarkan. Tahap Design mencakup perancangan media,
penyiapan bahan dan alat, serta pemilihan materi pembelajaran yang sesuai. Pada
tahap Development, media KTP yang telah dirancang kemudian dikembangkan
menjadi bentuk media yang siap digunakan dan divalidasi oleh ahli media, materi,
dan pembelajaran. Tahap Implementation dilakukan melalui uji coba media dalam
proses pembelajaran di kelas secara bertahap, dimulai dari uji coba kelompok
kecil hingga uji coba kelompok besar. Tahap akhir, Evaluation dilakukan dengan
mengumpulkan data melalui angket yang melibatkan ahli media, ahli materi, guru,
dan siswa, serta melalui analisis hasil pretest dan posttest. Hasil evaluasi
menunjukkan bahwa media KTP layak dan efektif digunakan dalam proses
pembelajaran. Subjek penelitian adalah 14 siswa kelas III SDN Tisnogambar 02.
Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa: 1) Produk yang
dikembangkan adalah media Kotak Tangga Pintar (KTP) untuk pembelajaran
matematika materi satuan panjang di kelas III SDN Tisnogambar 02. 2) Media ini
dinyatakan sangat layak digunakan berdasarkan hasil validasi tiga ahli dengan
rata-rata skor 96%. 3) Keefektifan media diperoleh hasil angket respon siswa
dengan persentase respons 95,2% sangat memuaskan. Sementara itu, hasil pretest
dan posttest menunjukkan peningkatan nilai dengan rata-rata N-gain score 0,7557
kategori sangat baik dan N-gain persentase 75,57% kategori cukup efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Siti Halimatus Sa'diyah
Date Deposited: 02 Jul 2025 04:59
Last Modified: 02 Jul 2025 04:59
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/45145

Actions (login required)

View Item View Item