Pengembangan Media Ular Tangga Digital Berbasis Pemecahan Masalah Kontekstual Materi Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan di Kelas V MI Darussalam Pengambengan Negara Jembrana Bali

Putri, Sabrina Salsa (2025) Pengembangan Media Ular Tangga Digital Berbasis Pemecahan Masalah Kontekstual Materi Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan di Kelas V MI Darussalam Pengambengan Negara Jembrana Bali. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Sabrina Salsa Putri _211101040038.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB)

Abstract

Kata Kunci : Pengembangan, Ular Tangga Digital, Pemecahan Masalah
Kontekstual, Pecahan.
Pemilihan media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta
didik menjadi kunci optimalisasi pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi dan
wawancara, pembelajaran matematika di MI Darussalam Pengambengan masih
terbatas pada media visual dan konkret, sehingga keterlibatan siswa kurang
maksimal. Untuk menjawab permasalahan tersebut, dikembangkan media ular
tangga digital berbasis pemecahan masalah kontekstual sebagai alternatif media
yang interaktif dan menyenangkan.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan proses pengembangan
media ular tangga digital berbasis pemecahan kontekstual materi penjumlahan dan
pengurangan pecahan di kelas V MI Darussalam, Pengambengan, Negara,
Jembrana, Bali. (2) Mendeskripsikan kelayakan media ular tangga digital berbasis
pemecahan kontekstual materi penjumlahan dan pengurangan pecahan di kelas V
MI Darussalam, Pengambengan, Negara, Jembrana, Bali. (3) Mendeskripsikan
kepraktisan media ular tangga digital berbasis pemecahan kontekstual materi
penjumlahan dan pengurangan pecahan di kelas V MI Darussalam,
Pengambengan, Negara, Jembrana, Bali. dan (4) Mendeskripsikan keefektifan
media ular tangga digital berbasis pemecahan masalah kontekstual pada materi
penjumlahan dan pengurangan pecahan di kelas V MI Darussalam,
Pengambengan, Negara, Jembrana, Bali.
Penelitian dan pengembangan media ular tangga digital berbasis
pemecahan masalah kontekstual ini menggunakan model Research and
Development (R&D) dengan pendekatan ADDIE (Analyze, Design, Development,
Implementation, Evaluation). Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara,
dokumentasi, angket, dan tes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) media dikembangkan melalui
pembuatan video pembelajaran, bahan bacaan, dan permainan ular tangga berisi
soal-soal pemecahan masalah kontekstual (2) kelayakan media diperoleh dari ahli
media (93%), ahli materi (92%), dan ahli bahasa (96%) semuanya dalam kategori
sangat layak; (3) kepraktisan dinilai sangat praktis oleh guru (96%) dan siswa
(86%); serta (4) media dinyatakan efektif dengan peningkatan hasil belajar
sebesar 63,09%. Hasil ini menunjukkan bahwa media ular tangga digital berbasis
pemecahan masalah kontekstual layak, praktis, dan efektif digunakan sebagai
alternatif media pembelajaran matematika khususnya pada materi penjumlahan
dan pengurangan pecahan di kelas V.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Sabrina Salsa Putri
Date Deposited: 02 Jul 2025 05:03
Last Modified: 02 Jul 2025 05:03
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/45148

Actions (login required)

View Item View Item