efendi, erfan (2025) Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 3 Ambulu Tahun Pelajaran 2024/2025. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
erfan efendi skripsi.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan 1) Mendeskripsikan pemanfaatan lingkungan fisik sebagai sumber belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SMP Negeri 3 Ambulu Jember tahun pelajaran 2024/2025. 2) Mendeskripsikan pemanfaatan lingkungan sosial sebagai sumber belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SMP Negeri 3 Ambulu Jember tahun pelajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Subyek penelitian menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles, Huberman, dan Saldana meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini memperoleh hasil 1) Pemanfaatan lingkungan fisik sebagai sumber belajar peserta didik di SMP Negeri 3 Ambulu a) Melalui pembelajaran IPS di halaman sekitar (lingkungan alam) dimulai dengan guru memaparkan materi melalui peta, kemudian mengajak peserta didik ke hutan di selatan sekolah untuk mempelajari tema potensi sumber daya alam secara langsung. b) Melalui pembelajaran IPS di laboratorium dimulai dengan guru menjelaskan pengantar tentang keberagaman, kemudian mengajak peserta didik belajar menggunakan fasilitas internet di laboratorium untuk mempelajari tema kemajemukan masyarakat indonesia secara luas. 2) Pemanfaatan lingkungan sosial sebagai sumber belajar peserta didik di SMP Negeri 3 Ambulu melalui pembelajaran IPS di lingkungan sekolah, dimulai dengan guru memberikan peserta didik sosialisasai kenakalan remaja dengan bentuk poster sebagai media edukatif untuk mempelari tema sosialisasi dalam masyarakat secara bermakna.
Kata kunci: Lingkungan, Sumber Belajar, IPS
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Lingkungan, Sumber Belajar, IPS |
Subjects: | 05 ENVIRONMENTAL SCIENCES > 0502 Environmental Science and management > 050209 Natural Resource Management 07 AGRICULTURAL AND VETERINARY SCIENCES > 0702 Animal Production > 070202 Animal Growth and Development 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | erfan efendi |
Date Deposited: | 02 Jul 2025 05:19 |
Last Modified: | 02 Jul 2025 05:19 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/45168 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |