Anggraini, Riyana Dwi (2025) Transformasi Layanan Kearsipan Digital melalui Aplikasi SRIKANDI di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
Riyana Dwi Anggraini _214101030002.pdf Download (6MB) |
Abstract
Transformasi digital menjadi langkah penting dalam meningkatkan efisiensi dan kualitas layanan publik, termasuk dalam bidang administrasi kearsipan. Salah satu wujud dari transformasi digital di Kantor Kementerian Agama adalah aplikasi SRIKANDI sebagai sistem informasi kearsipan dinamis terintegrasi. Di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jember, digitalisasi arsip menjadi kebutuhan mendesak untuk mendukung pelayanan yang cepat, transparan, dan akuntabel. Namun penerapan teknologi semacam ini tidak hanya memerlukan infrastruktur, tetapi juga kesiapan SDM dan perubahan pola kerja yang terencana. Oleh karena itu, penelitian ini penting dilakukan untuk mengkaji sejauh mana kesiapan internal lembaga dalam mendukung transformasi tersebut.
Penelitian ini fokus pada tiga hal utama: 1) Bagaimana kesiapan teknologi dalam mendukung penerapan aplikasi SRIKANDI untuk layanan kearsipan digital di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jember? 2) Bagaimana perubahan alur kerja dan prosedur kearsipan setelah penerapan aplikasi SRIKANDI dalam transformasi digital di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jember? 3) Bagaimana tingkat kesiapan dan kemampuan sumber daya manusia dalam mengoperasikan aplikasi SRIKANDI untuk mendukung layanan kearsipan digital di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jember?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesiapan teknologi, perubahan alur kerja, dan kesiapan kemampuan SDM dalam penerapan aplikasi SRIKANDI di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian sebanyak tiga orang informan, yaitu Kepala Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), Arsiparis, dan Pustakawan di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jember. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan model Miles, Huberman, dan Saldana (2014) melalui tahapan kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan. Data keabsahan diperoleh dengan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Pada aspek kesiapan teknologi, perangkat pendukung dan jaringan internet pada umumnya telah tersedia di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jember, namun masih terdapat kendala teknis seperti gangguan jaringan dan ketidakstabilan sistem pusat yang menghambat kelancaran penggunaan aplikasi. 2). Pada aspek alur kerja, penerapan aplikasi SRIKANDI berdampak positif terhadap efisiensi layanan, di antaranya mempercepat proses surat-menyurat, mendukung pengaturan dokumen secara tertib, mempermudah pencarian arsip dan penggunaan Tanda Tangan Elektronik (TTE) mempercepat proses administrasi secara keseluruhan. 3). Pada aspek kesiapan dan kemampuan sumber daya manusia, sebagian besar pegawai telah mengikuti pelatihan dan menunjukkan kemampuan yang cukup baik dalam mengoperasikan aplikas, namun masih ditemukan pegawai yang belum sepenuhnya menguasai fitur-fitur aplikasi dan membutuhkan bimbingan lebih lanjut. Oleh karena itu, pelatihan berkelanjutan dan penguatan kapasitas ASN digital sangat diperlukan guna memastikan optimalisasi pemanfaatan SRIKANDI di seluruh unit kerja.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0806 Information Systems > 080609 Information Systems Management |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email riyanadwianggraini28@gmail.com |
Date Deposited: | 02 Jul 2025 05:32 |
Last Modified: | 02 Jul 2025 05:32 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/45171 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |