Shonya, Intan Rachmawati (2025) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di SMA Unggulan BPPT Darus Sholah Jember Tahun Pelajaran 2024/2025. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.
![]() |
Text
SKRIPSI Intan Rachmawati Shonya NIM 212101010034 (1).pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
Intan Rachmawati Shonya, 2025: Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di SMA Unggulan BPPT Darus Sholah Jember Tahun Pelajaran 2024/2025.
Kata kunci: model teams games tournament, keaktifan belajar
Membuat siswa aktif dalam pembelajaran, dapat diatasi dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament. Peserta didik di SMA unggulan BPPT Darus Solah jember disaat proses pembelajaran, banyak yang kurang aktif dalam pembelajaran. Berbeda dengan menggunakan model kooperatif tipe teams games tournament ini, karena dengan model ini siswa bisa saling bekerja sama, saling membantu, saling mengenal, saling berkomunikasi, dapat merangsang daya befikir, dan menungkatkan keaktifan dalam belajar.
Fokus penelitian pada skirpsi ini adalah: 1) Bagaimana Langkah-Langkah Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Dalam meningkatan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Kelas X Di SMA Unggulan BPPT Darus Sholah Tahun Ajaran 2024/2025? 2) Bagaimana Hasil Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Dalam meningkatan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Kelas X Di SMA Unggulan BPPT Darus Sholah Tahun Ajaran 2024/2025?
Tujuan dari peneitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan Langkah-langkah Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Dalam meningkatan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Kelas X Di SMA Unggulan BPPT Darus Sholah Tahun Ajaran 2024/2025. 2) Untuk mendeskripsikan Hasil Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Dalam meningkatan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Kelas X Di SMA Unggulan BPPT Darus Sholah Tahun Ajaran 2024/2025.
Penelitian ini merupakan penelitian penelitian kualitatif dengan jenis kualitatif deskriptif. Menggunakan teknik pengumpulan data berupa obsevasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudia dengan teknik analisis data: pengumpulan data, kondensasi data, penyaian data, kesimpulan. Keabsahan data penelitian ini menggunakan dua triangulasi: triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil dari penelitian ini : 1). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) dikelas dilakukan dengan langkah-langkah pembelajaran, yaitu:penyajian kelas, belajar dalam kelompok, permainan, pertandingan, dan penghargaan kelompok. 2). Hasil penerapan model pembelajaran koopertif tipe TGT mampu meningkatkan keaktifan belajar siswa:a. keterlibatan siswa dalam mengerjakan tugas, b. Keaktifan siswa dalam bertanya, c. Keaktifan siswa dalam kelompok, d.Siswa aktif dalam mencari informasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Intan Rachmawati Shonya |
Date Deposited: | 02 Jul 2025 05:57 |
Last Modified: | 02 Jul 2025 05:57 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/45195 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |