Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VII diI SMP Argopuro 02 Suci

Oktaviasari, Zhavira (2025) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VII diI SMP Argopuro 02 Suci. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Zhavira Oktaviasari_T20181202_ (1) (1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Zhavira Oktaviasari, 2025. “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VII diI SMP Argopuro 02 Suci”.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.
Model Pembelajaran Problem Based Learning adalah pembelajaran berbasis masalah yang diterapkan karena pasifnya peserta didik yang terbiasa belajar online akibat pandemi serta daya minat baca yang berkurang. Sehingga harapannya dengan model ini, peserta didik menjadi lebih aktif, berpikir kritis dan mampu mengatasi permasalahan di kehidupan sehari-harinya.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana Perencanaan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Argopuro 02 Suci?, 2) Bagaimana Pelaksanaan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Argopuro 02 Suci?, 3) Bagaimana Evaluasi Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Argopuro 02 Suci?.
Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan proses perencanaan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Argopuro 02 Suci, 2) Untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan Model Pembelajaran Problem Based Learning di SMP Argopuro 02 Suci, 3) Untuk mendeskripsikan kegiatan evaluasi penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Argopuro 02 Suci.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian, teknik analisis data penelitian ini menggunakan tiga tahapan yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan
Hasil penelitian dari penerapan Model Pembelajaran "Problem Based Learning " Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII B SMP Argopuro 02 Suci yaitu 1) Perencanaan meliputi, menyiapkan perangkat pembelajaran, memilih bahan pelajaran, menyiapkan media, dan menyiapkan LKPD 2) Pelaksanaan meliputi 3 tahapan yaitu : kegiatan awal, kegiatan inti (orientasi, mengorganisasi, membimbing penyelidikan, mengembangkan hasil, menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah), dan kegiatan akhir 3) Evaluasi meliputi, penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1903 Journalism and Professional Writing > 190301 Journalism Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: zhavira Oktaviasari
Date Deposited: 02 Jul 2025 06:34
Last Modified: 02 Jul 2025 06:34
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/45198

Actions (login required)

View Item View Item