UPAYA GURU DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK TERHADAP PERKEMBANGAN MORAL SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) ISLAM MAYANGAN GUMUKMAS JEMBER

Dliyaulhaq, Ahmad (2025) UPAYA GURU DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK TERHADAP PERKEMBANGAN MORAL SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) ISLAM MAYANGAN GUMUKMAS JEMBER. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Skripsi_Ahmad dliyaulhaq_212103050032. FIKS...pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Ahmad Dliyaulhaq, 2025: Upaya Guru Dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak
Terhadap Perkembangan Moral Siswa Sekolah Menengah Pertama (Smp) Islam
Mayangan Gumukmas Jember.
Kata Kunci : Upaya Guru, Pembelajaran Aqidah Akhlak, Perkembangan Moral,
Siswa
Upaya guru dalam pembelajaran Aqidah Akhlak berperan penting dalam
menanamkan nilai etika dan moral siswa. Guru tidak hanya menyampaikan
materi, tetapi juga menjadi teladan dalam menanamkan nilai keislaman melalui
strategi pembelajaran yang teoritis, aplikatif, dan konseptual guna membentuk
karakter dan perilaku siswa secara berkelanjutan.
Fokus penelitian ini adalah sebagai berikut : 1. Bagaimana upaya guru
dalam melaksanakan pembelajaran Aqidah Akhlak terhadap perkembangan moral
siswa SMP Islam Mayangan Gumukmas Jember ? 2.Apa saja faktor pendukung
dan penghambat yang mempengaruhi upaya guru dalam pembelajaran Aqidah
Akhlak terhadap perkembangan moral siswa SMP Islam Mayangan Gumukmas
Jember ?
Tujuan penelitian adalah sebagai berikut : 1. Untuk mengetahui bagaimana
upaya guru berperan aktif dalam melaksanakan pembelajaran Aqidah Akhlak
sebagai sarana perkembangan moral siswa SMP Islam Mayangan Gumukmas
Jember. 2. Untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat yang
mempengaruhi upaya guru dalam pembelajaran Aqidah Akhlak terhadap
perkembangan moral siswa SMP Islam Mayangan Gumukmas Jember.
Penelitian ini menerapkan metode kualitatif dengan jenis deskriptif. Data
untuk penelitian ini diperoleh melalui tiga langkah utama, yaitu observasi,
wawancara semi-terstruktur, dan dokumentasi. Untuk memastikan keabsahan
data, dilakukan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi metode.
Penelitian ini mendapatkan dua hasil sebagai berikut 1. Dengan adanya
pembelajaran Aqidah akhlak menunjukkan bahwa guru melakukan upaya nyata
melalui keteladanan, pembiasaan, pemberian motivasi, serta pendekatan
individual kepada siswa, sehingga perkembangan moral yang ditunjukkan oleh
siswa meliputi peningkatan dalam aspek kejujuran, disiplin, tanggung jawab, dan
empati. 2. Dengan adanya upaya guru dalam pembelajaran Aqidah Akhlak,
terdapat faktor pendukung meliputi lingkungan sekolah yang kondusif, hubungan
yang baik antara guru dan siswa, serta dukungan dari orang tua. Sementara itu,
hambatan yang dihadapi antara lain kurangnya kontrol keluarga, pengaruh negatif
lingkungan luar, dan rendahnya motivasi internal siswa. Dengan demikian,
pembelajaran Aqidah Akhlak berperan penting dalam proses perkembangan moral
siswa, khususnya melalui peran aktif guru dalam menciptakan pembelajaran yang
berorientasi pada nilai dan praktik moral keislaman.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi Islam
Depositing User: AHMAD DLIYAULHAQ
Date Deposited: 02 Jul 2025 15:29
Last Modified: 02 Jul 2025 15:29
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/45219

Actions (login required)

View Item View Item