Pengembangan flash card sebagai media pembelajaran berbasis augmented reality (AR) pada mata pelajaran biologi materi sistem gerak kelas XI mipa di sman 1 Krembung Kabupaten Sidoarjo

aziz, sandi mahdias (2022) Pengembangan flash card sebagai media pembelajaran berbasis augmented reality (AR) pada mata pelajaran biologi materi sistem gerak kelas XI mipa di sman 1 Krembung Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, universitas negeri padang.

[img] Text
sandi mahdias aziz_T20178067.pdf

Download (5MB)

Abstract

Media pembelajaran flash card berbasis augmented reality merupakan alat pembelajaran yang berfungsi sebagai alat bantu dala mempermudah penyelenggaraan pembelajaran sehingga peserta didik mudah dalam mahami materi yang disampaikan oleh guru, dan siswa memiliki rasa keinginan untuk belajar dengan serius. Penggunaan media pembelajaran biologi berbasis Augmented Reality bagi peserta didik diharapakan dapat membuat siswa lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran biologi. Sehingga tujuan pembelajaran bisa terwujud.
Rumusan masalah yang yang diteliti dalam skripsi ini adalah 1) bagaimana pengembangan media pembelajaran berbasis augmented reality pada mata pelajaran biologi materi sistem gerak kelas XI MIPA? 2) bagaimana kevalidan media pembelajaran berbasis augmented reality pada mata pelajaran biologi materi sistem gerak kelas XI MIPA?
Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) Mendeskripsikan pengembangan media pembelajaran berbasis augmented reality pada mata pelajaran biologi materi sistem gerak kelas XI MIPA di Sman 1 Krembung Kabupaten Sidoarjo, 2) Mendeskripsikan kevalidan media pembelajaran berbasis augmented reality pada mata pelajaran biologi materi sistem gerak kelas XI MIPA di Sman 1 Krembung Kabupaten Sidoarjo.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (dissiminate). Penelitian ini melibatkan 2 dosen Tadris Biologi sebagai ahli materi dan ahli media. Adapun uji respon melibatkan guru biologi kelas XI dan 20 siswa. Data validasi diperoleh angket validasi dari para ahli dan data hasil respon guru dan siswa diperoleh dari angket yang disebarkan kepada guru dan siswa.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) bahwa pengembangan media pembelajaran berbasis augmented reality pada materi sistem gerak kelas XI MIPA melalui beberapa tahapan yaitu analisis yang terdiri dari analisis kerja, analisis kebutuhan dan analsiis merumuskan tujuan pembelajaran dan tahap selanjutnya yaitu tahap desain kemudian tahap pengembangan, 2) bahwa media pembelajaran berbasis augmented reality pada materi sistem gerak ini memenuhi kriteria sangat valid persentase tingkat kevalidan 91,25% dari validator ahli materi, 86,25% dari validator ahli media dan 95,4% dari validator ahli praktisi, sehingga dikategorikan sangat valid dan layak digunakan. Pada uji respon siswa mendapatkan kategori sangat baik dengan persentase 81,6%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0606 Physiology > 060603 Animal Physiology - Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: sandimaziz sans siti sulaichah
Date Deposited: 25 Mar 2022 07:51
Last Modified: 25 Mar 2022 07:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/4522

Actions (login required)

View Item View Item