PENGEMBANGAN ASPEK BAHASA ANAK USIA DINI MELALUI KOTAK HURUF PADA KELOMPOK A1 DI RAUDHATUL ATHFAL PERWANIDA 04 SEMPOLAN

Kiptiyah, Robiatul (2025) PENGEMBANGAN ASPEK BAHASA ANAK USIA DINI MELALUI KOTAK HURUF PADA KELOMPOK A1 DI RAUDHATUL ATHFAL PERWANIDA 04 SEMPOLAN. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SKRIPSI_ROBIATUL_KIPTIYAH_211101050016.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Robiatul Kiptiyah, 2025: Pengembangan Aspek Bahasa Anak Usia Dini Melalui Kotak Huruf pada Kelompok A1 di Raudhatul Athfal Perwanida 04 Sempolan
Kata Kunci: pengembangan bahasa, anak usia dini, kotak huruf, media pembelajaran, Raudhatul Athfal Perwanida 04 Sempolan
Pengembangan bahasa pada anak usia dini sangat penting dalam pendidikan, karena bahasa berfungsi sebagai alat komunikasi utama yang mendukung interaksi sosial dan perkembangan kognitif anak. Di Raudhatul Athfal Perwanida 04 sempolan salah satu untuk mengembangkan menggunakan media kotak huruf. Dengan menggunakan kotak huruf, anak-anak dapat belajar mengenali huruf, menyusun kata, dan memperluas kosakata mereka dengan cara yang menyenangkan dan interaktif.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: Bagaimana implementasi pengembangan aspek bahasa anak usia dini melalui kotak huruf pada kelompok A1 di RA Perwanida 04 Sempolan. Adapun tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui dan mendeskirpsikan implementasi pengembangan aspek bahasa melalui kotak huruf pada kelompok A1 di RA Perwanida 04 Sempolan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Adapun lokasi penelitian di Raudhatul Athfal Perwanida 04 sempolan. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru kelompok A1, dan juga peserta didik kelompok A1. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Kemudian teknis analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan, mengenai implementasi pengembangan aspek bahasa anak usia dini melalui media kotak huruf pada kelompok A1 di Raudhatul Athfal Perwanida 04 sempolan yaitu diawali dengan merancang dan menyiapkan media pembelajaran berupa media kotak huruf, mengkondisikan anak usia dini sebelum memulai kegiatan pembelajaran, menjelaskam proses kegiatan pembelajaran untuk mengembangkan aspek bahasa anak usia dini melalui media kotak huruf yang meliputi guru mengenalkan huruf, guru mengajak anak bermain tebak huruf dan pendidik mengajak anak untuk menyusun kata sederhana, terakhir adalah penguatan dan evaluasi. Evaluasi dilakukan ketika kegiatan pembelajaran berlangsung dan diakhir ada penguatan yang berupa apresiasi kepada anak usia dini berupa tepuk tangan dan motivasi pada teman teman yang lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1702 Cognitive Sciences > 170204 Linguistic Processes (incl. Speech Production and Comprehension)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: robiatul kiptiyah
Date Deposited: 02 Jul 2025 07:56
Last Modified: 02 Jul 2025 07:56
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/45226

Actions (login required)

View Item View Item