Shodiq, Fajar (2025) Implementasi Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pealajaran Sejarah Kebudayaan Islam Siswa Kelas VIII MTs Al-Hamidy Tahun Pelajaran 2024/2025. Masters thesis, UIN KHAS JEMBER.
![]() |
Text
1-Tesis - Fajar Shodik.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) |
Abstract
Fajar Shodiq, 2024 “Implementasi Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pealajaran Sejarah Kebudayaan Islam Siswa Kelas VIII MTs Al-Hamidy Tahun Pelajaran 2024/2025.” Tesis Program Pendidikan Agama Islam Pasca Sarjana Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Pembimbing I Dr. H. Abd. Muhith, S.Ag, M.Pd.I. Pembimbing II Dr. H. Matkur, S.Pd.I, M.Si
Kata Kunci: Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw, Keaktifan Belajar, Sejarah Kebudayan islam
Model pembelajaran kooperatife tipe jigsaw adalah model pembelajaran dimana peserta didik belajar dalam kelompok kecil yang terdiri dari empat sampai enam orang dengan kemampuan yang berbeda-beda. Tujuan Model Pembelajaran ini adalah memberikan kesempatan yang luas kepada peserta didik untuk menyampaikan dan menerima pendapat, ide, gagasan antar sesama sehingga peserta didik dapat meningkatkan keaktifan belajar mereka dalam pembelajaran.
Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana Pelaksanaan Model cooperative learning tipe jigsaw dalam meningkatkan keaktifan siswa pada mata Pelajaran SKI kelas 8 di MTs Al-Hamidy Maesan Bondowoso. 2) Bagaimana membangun hubungan yang bermakna pada Implementasi Model cooperative learning tipe jigsaw dalam meningkatkan keaktifan siswa pada mata Pelajaran SKI kelas 8 di MTs Al-Hamidy Maesan Bondowoso. 3) Bagaimana Tingkat keaktifan siswa pada mata Pelajaran SKI kelas 8 Mts Al-Hamidy Maesan Bondowoso setelah menggunakan Model cooperative learning tipe jigsaw.
Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan kajian dokumentasi. Analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, verifikasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi.
Hasil penelitian sebagai berikut : 1) Penerapan model Cooperative Learning tipe Jigsaw dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di kelas VIII MTs Al-Hamidy Maesan Bondowoso terbukti efektif dalam meningkatkan keaktifan siswa secara signifikan. Proses model meliputi: perencanaan pembelajaran, pembentukan kelompok asal, pembentukan kelompok ahli, kembali ke kelompok asal, evaluasi dan refleksi. 2) Membangun Hubungan yang bermakna melalui Implementasi Cooperative Learning Tipe Jigsaw pada mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dalam meningkatkan Keaktifan belajar siswa kelas VIII MTs Al-Hamidy dilakukan melalui empat prinsip yaitu: Positive Interdependence (saling ketergantungan positif), Open Communication (komunikasi terbuka), Learning Community (pembentukan komunitas belajar), dan Improving Social Skills (pengembangan keterampilan sosial). 3) Tingkat Keaktifan belajar siswa melalui Cooperative Learning Tipe Jigsaw terbukti efektif dalam meningkatkan tingkat keaktifan belajar siswa. Hal ini Melalui observasi langsung menggunakan lembar observasi, pengisian angket keaktifan siswa, serta wawancara dan refleksi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Fajar Shodiq |
Date Deposited: | 02 Jul 2025 07:39 |
Last Modified: | 02 Jul 2025 07:39 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/45241 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |