Pengaruh Media Pembelajaran E-Katalog Interaktif Berbasis QR Code Pada Materi Keanekaragaman Hayati Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bondowoso Tahun Ajaran 2024/2025

Yusvita, Masyitoh Eka (2025) Pengaruh Media Pembelajaran E-Katalog Interaktif Berbasis QR Code Pada Materi Keanekaragaman Hayati Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bondowoso Tahun Ajaran 2024/2025. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKIRPSI MASYITOH EKA YUSVITA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Kata kunci: E-katalog, Hasil Belajar, media pembelajaran pengaruh, qr code
Hasil belajar siswa kelas X di SMA Negeri 1 Bondowoso ditemukan beberapa siswa masih belum mencapai kriteria ketuntasan minimal, selain itu beberapa siswa kesulitan dalam memberikan pendapat serta penggunaan media
pembelajaran di kelas masih terbatas yaitu dengan menggunakan buku paket. Diperlukan upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa guna mendukungnya untuk dapat sukses hidup dan berkarir di Abad 21 ini. Salah satu solusi yang dapat digunakan adalah pemanfaatan media pembelajaran e-katalog interaktif berbasis QR Code. Penelitian eksperimen semu dibutuhkan untuk membuktikan pengaruh e-katalog interaktif berbasis QR Code di materi keanekaragaman hayati untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran e-katalog interaktif berbasis QR code pada pembelajaran materi keanekaragaman hayati terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Bondowoso tahun ajaran 2024/2025. Metode yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi terdiri dari 7 kelas yang terdiri dari 241 siswa. Teknik pengambilan sampling dalam penelitian ini menggunakan teknik Cluster Random Sampling dengan kelas X.4 sebagai kelas uji coba sedangkan kelas X.6 dan X.7 sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berbentuk essay yang meliputi pretest dan posttest serta
dokumentasi. Analisis uji hipotesis menggunakan uji non parametrik yaitu uji Mann Whitny U dan uji Wilcoxon karena data tidak berdistribusi normal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan uji hipotesis komparatif
non parametrik Mann-Whitney dan uji Wilcoxon dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan sebesar 0,000 yang berada di bawah 0,05 antara siswa kelompok kelas eksperimen dengan kelompok kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0607 Plant Biology > 060705 Plant Physiology
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Ms. Masyitoh Eka Yusvita
Date Deposited: 02 Jul 2025 08:02
Last Modified: 02 Jul 2025 08:02
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/45259

Actions (login required)

View Item View Item