IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR NEGERI 4 SELOWOGO BUNGATAN SITUBONDO

Muzayyin, Muzayyin (2025) IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR NEGERI 4 SELOWOGO BUNGATAN SITUBONDO. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi_Muzayyin.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Muzayyin, 2025: Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Implementasi
Manajemen Berbasis Sekolah di SDN 4 Selowogo Bungtan Situbondo
Kata Kunci : Manajemen Berbasis Sekolah
Pendidikan memberikan kontribusi besar untuk kemajuan Ini adalah negara
dan kendaraan untuk terjemahan berita Sebagai sarana untuk membangun konstitusi
dan karakter negara. untuk Meningkatkan kualitas masyarakat untuk mewujudkan
nuansa hidup Anda dapat merancang kemandirian yang cerdas dan secara bertahap.
Hal ini Dapat dibentuk dengan pendidikan yang digunakan di institusi Pelatihan
atau sekolah yang terkait dengan manajemen yang digunakan. Sistem adalah
sistemnya Manajemen berbasis sekolah (MBS) sangat penting untuk sukses Kedua
program implementasi berkualitas tinggi dari permukaan input, Proses atau output.
Tidak peduli seberapa baik program ini diimplementasikan, Anda tidak dapat
melakukannya dengan apa yang Anda harapkan tanpa memperhatikan aspek
Efektivitas implementasinya. Sistem MBS juga menawarkan posting baru Sekolah
yang memberikan pelatihan yang lebih baik Siswa diakui otonomi Mengelola
pendidikan, potensiometer untuk ditingkatkan sekolah Selain itu, kinerja staf
memberikan partisipasi langsung dalam masyarakat Tingkatkan Pemahaman
Masyarakat untuk Implementasi Pendidikan Di sekolah.
Fokus penelitian dalam penelitian adalah: 1) Bagaimana perencanaan
Manajemen Berbasis Sekolah di SDN 4 Selowogo, Bungatan, Situbondo? 2)
Bagaimana pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah di SDN 4 Selowogo,
Bungatan, Situbondo? 3) Bagaimana evaluasi Manajemen Berbasis Sekolah di
SDN 4 Selowogo, Bungatan, Situbondo?
Tujuan Penelitian ini adalah: 1) Untuk mengatahui dan mendeskripsikan
perencanaan Manajemen Berbais Sekolah di SDN 4 Selowogo Bungatan
Situbondo. 2) Untuk mengatahui dan mendeskripsikan pelaksanaan Manajemen
Berbais Sekolah di SDN 4 Selowogo Bungatan Situbondo. 3) Untuk mengatahui
dan mendeskripsikan evaluasi Manajemen Berbais Sekolah di SDN 4 Selowogo
Bungatan Situbondo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif, serta menerapkan teknik pengumpulan data berupa observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap, yaitu
kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji
melalui perpanjangan pengamatan, triangulasi sumber, dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan Manajemen Berbasis
Sekolah di SDN 4 Selowogo, Bungatan, Situbondo, melalui penetapan visi, misi,
dan tujuan, analisis kebutuhan, rencana kerja tahunan, keterlibatan aktif. 2)
Pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah di SDN 4 Selowogo, Bungatan,
Situbondo, meliputi kepemimpinan kepala sekolah, pemberdayaan guru,
keterlibatan kelompok, penciptaan lingkungan belajar. 3) Evaluasi Manajemen
Berbasis Sekolah di SDN 4 Selowogo, Bungatan, Situbondo, melalui evaluasi
berkelanjutan, transparansi pelaporan, meningkatkan perbaikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Muzayyin Muzayyin
Date Deposited: 02 Jul 2025 04:13
Last Modified: 02 Jul 2025 04:13
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/45260

Actions (login required)

View Item View Item