Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Aplikasi Articulate Storyline Pada Mata Pelajaran IPAS Materi Sistem Tata Surya Kelas V SDI Al-Khoiriyah Crahkalong Bangsalsari Jember

Mustofa, Achmad Dai (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Aplikasi Articulate Storyline Pada Mata Pelajaran IPAS Materi Sistem Tata Surya Kelas V SDI Al-Khoiriyah Crahkalong Bangsalsari Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Achmad Da`I Mustofa_212101040077.pdf

Download (26MB)

Abstract

Achmad Dai Mustofa, 2025 : Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Aplikasi Articulate Storyline Pada Mata Pelajaran IPAS Materi Sistem Tata Surya Kelas V SDI Al-Khoiriyah Crahkalong Bangsalsari Jember
Kata Kunci: Media pembelajaran interaktif menggunakan aplikasi articulate storyline, mata pelajaran IPAS.
Media pembelajaran adalah segala bentuk alat, sarana, atau bahan yang digunakan untuk menyampaikan materi dan informasi dalam proses belajar-mengajar, sehingga dapat membantu siswa dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran selain memudahkan pendidik dalam Menyampaikan materi pembelajaran, juga bertujuan untuk menciptakan suasana belajar yang lebih aktif. Dalam penelitian di kelas V SDI Al Khoiriyah Bangsalsari Jember, media pembelajaran yang digunakan guru dalam pembelajaran khususnya mata pelajaran IPAS materi tata surya kurang bervariatif, sehingga suasana belajar kurang menarik dan membosankan. Dengan demikian, media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline dikembangkan untuk meningkatkan motivasi belajar dan menciptakan suasana belajar yang lebih aktif dan bervariatif pada siswa kelas V SDI Al-Khoiriyah Bangsalsari Jember dalam pembelajaran IPAS materi sistem tata surya.
Rumusan masalah sebagai berikut: 1. Bagaimana kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline pada mata pelajaran IPAS materi tata surya kelas V SDI Al Khoiriyah Bangsalsari Jember? 2. Bagaimana kepraktisan media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline pada mata pelajaran IPAS materi tata surya kelas V SDI Al Khoiriyah Bangsalsari Jember?
Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline pada pembelajaran IPAS materi sistem tata surya kelas V SDI Al Khoiriyah Bangsalsari ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang memiliki 5 tahapan yaitu Analisys, Design, Development Implementation And Evaluation. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V, wali kelas V, ahli media serta ahli materi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan angket validasi ahli untuk mengetahui kelayakan media, angket respon siswa dan guru untuk mengetahui kepraktisan media.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk yang dihasilkan dari pengembangan media ini adalah media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline pada mata pelajaran IPAS kelas V materi sistem tata surya di SDI Al Khoiriyah berasal dari Jember. Spesifikasi produk yang dihasilkan berupa Web browser, APK, dan HTML. Hasil kelayakan berdasarkan uji validasi yaitu ahli media sebesar 91%. Ahli materi sebesar 92%. Dapat disimpulkan bahwa media interaktif menggunakan aplikasi Articulate Storyline layak digunakan. Hasil kepraktisan berdasarkan respon guru memperoleh nilai sebesar 96% dan respon peserta didik sebesar 92%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media yang telah dikembangkan dalam bentuk media pembelajaran interaktif praktis digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1603 Demography > 160303 Migration
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: S.Pd achmad da'i mustofa
Date Deposited: 02 Jul 2025 12:08
Last Modified: 02 Jul 2025 12:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/45291

Actions (login required)

View Item View Item