SAIDAH, MAR`ATUS (2025) Pengaruh Pemanfaatan Media Pembelajaran Visual Google Earth Terhadap Hasil Belajar IPS Pada Materi Mengenal Letak Negara-Negara Asean Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Bustanul Ulum Panti. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddik Jember.
![]() |
Text
MAR`ATUS SAIDAH T20189074.pdf Download (4MB) |
Abstract
Siswa kelas VIII di MTs. Bustanul Ulum Panti dalam memahami materi sangat beragam. Ada yang cepat, ada yang normal (tidak cepat dan tidak juga lambat), dan ada pula yang lambat. Untuk siswa yang lambat dalam memahami materi, dia akan mengalami kesulitan dalam soal yang diberikan oleh guru, sehingga hasil belajar yang diperolehnya belum maksimal atau masih rendah. Media pembelajaran juga menjadi pengaruh terhadap hasil belajar siswa. Media yang digunakan seperti LKS kurang menarik dan kurang jelas dalam memaparkan materi, sehingga perlu adanya media pembelajaran yang menarik agar siswa lebih memahami materi yang disampaikan oleh guru seperti media pembelajaran visual Google Earth. Media pembelajaran google earth merupakan bagian dari IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi), sehingga dapat membantu guru dan siswa dalam proses belajar mengajar yang mengikuti perkembangan zaman. Hal ini sangat mendukung dalam peran media pembelajaran IPS Terutama materi tentang peta dan melalui google earth.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan media pembelajaran visual Google Earth terhadap hasil belajar IPS pada materi mengenal letak Negara-negara ASEAN siswa kelas VIII MTs. Bustanul Ulum Panti.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian menggunakan eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan desain Pretest-Posttest Control Group design. Teknik pengumpulan data menggunakan pretest posttest, observasi, dan wawancara dan dokumentasi. Uji prasyarat analisis data menggunakan uji validitas, uji normalitas, uji homogenitas dan uji wilcoxon.
Hasil dari penelitian ini adalah dilihat nilai test statistics dapat diketahui asymp. Sig (2-tailled) bernilai 0,000, yang nilai sig ini lebih kecil dari 0.000 < 0,05 Pre-test dan Post-test di kelas control dan kelas eksperimen yang dapat disimpulkan bahwa “Hipotesis diterima”. Yang artinya ada perbedaan antara nilai Pre-test dan Post-test di kelas control dan kelas eksperimen. Sehingga dapat disimpulkan bahwa “ada pengalruh pemalnfalaltaln medial pembelaljalraln visuall Google Ealrth terhaldalp halsil belaljalr IPS paldal malteri mengenal letak negara-negara ASEAN siswal kelals VIII Maldralsalh Tsalnalwiyalh Bustalnul Ulum Palnti. Adanya pengaruh positif antara penggunaan media pembelajaran visual Google Earth dan hasil belajar siswa memberikan implikasi terhadap materi pembelajaran disekolah. Memberikan evaluasi terhadap pengelolaan media pembelajaran agar lebih diperharikan dan dikembangkan. Selain untuk memberikan kesadaran pada stackholder yang ada untuk dapat melaksanakan program dengan sebaik-baiknya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 04 EARTH SCIENCES > 0499 Other Earth Sciences > 049999 Earth Sciences not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Mar`atus Saidah |
Date Deposited: | 02 Jul 2025 11:53 |
Last Modified: | 02 Jul 2025 11:53 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/45296 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |