Pembelajaran Kitab Nihayatuz Zain Metode Syawir Dalam Penguatan Pengetahuan Fikih Santri Di Pondok Pesantren Nurul Hidayah Mangli Jember

Azizah, Lailatul (2025) Pembelajaran Kitab Nihayatuz Zain Metode Syawir Dalam Penguatan Pengetahuan Fikih Santri Di Pondok Pesantren Nurul Hidayah Mangli Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
skripsi zizah.pdf

Download (4MB)

Abstract

Lailatul Azizah, 2025: Pembelajaran Kitab Nihayatuz Zain Metode Syawir Dalam Penguatan Pengetahuan Fikih Santri Di Pondok Pesantren Nurul Hidayah Mangli Jember
Kata Kunci: Pembelajaran, Metode Syawir, Kitab Nihayatuz Zain, Pengetahuan Fikih, Pondok Pesantren.
Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi dengan adanya pembelajaran di pesantren yang tidak hanya berfokus pada aspek kognitif, tetapi juga bertujuan membentuk karakter dan pemahaman agama yang aplikatif. Di Pondok Pesantren Nurul Hidayah Mangli Jember, pemahaman fikih santri masih dirasa kurang optimal karena terbatasnya waktu belajar formal dan minimnya ruang diskusi. Kitab Nihayatuz Zain dipilih sebagai rujukan utama karena kandungannya yang padat dan relevan. Untuk menguatkan pemahaman fikih, metode syawir (diskusi kelompok) diterapkan agar santri lebih aktif, kritis, dan mampu mengaitkan ilmu dengan praktik kehidupan. Penelitian ini bertujuan mengkaji efektivitas metode tersebut dalam memperkuat pemahaman fikih santri secara menyeluruh.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah :1) Bagaimana Pelaksanaan Pembelajaran Kitab Nihayatuz Zain Di Pondok Pesantren Nurul Hidayah Mangli Jember?, 2) Bagaimana Pelaksanaan Pembelajaran Metode Syawir Di Pondok Pesantren Nurul Hidayah Mangli Jember?, 3) Bagaimana Penguatan Pengetahuan Fikih Santri Di Pondok Pesantren Nurul Hidayah Mangli Jember?
Tujuan penelitian penelitian ini adalah: 1) Untuk Mendeskripsikan Pelaksanaan Pembelajaran Kitab Di Pondok Pesantren Nurul Hidayah Mangli Jember, 2) Untuk Mendeskripsikan Pelaksanaan Pembelajaran Metode Syawir Di Pondok Pesantren Nurul Hidayah Mangli Jember, 3) Untuk Mendeskripsikan Penguatan Pengetahuan Fikih Santri Di Pondok Pesantren Nurul Hidayah Mangli Jember
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui reduksi, penyajian data dengan menguraikan isi penelitian, dan menarik kesimpulan dari hasil penelitian.
Penelitian ini sampai pada kesimpulan bahwa 1) Pembelajaran Kitab Nihayatuz Zain di Pondok Pesantren Nurul Hidayah Mangli Jember dilaksanakan dengan perencanaan yang matang, meliputi penetapan waktu, tempat, tujuan, serta pemilihan kitab yang relevan dengan kebutuhan santri, (2) Pelaksanaan metode Syawir berjalan secara terstruktur melalui tiga tahapan, yaitu pendahuluan, inti, dan penutup. Santri terlibat aktif dalam pembacaan, pemaknaan, tanya jawab, debat argumen, serta pentashihan oleh mushohih, yang seluruhnya menciptakan suasana belajar yang dinamis, partisipatif, dan mendalam. (3) Penguatan pengetahuan fikih santri terlihat dari meningkatnya kemampuan mereka dalam memahami isi kitab secara mendalam, menyampaikan argumen fikih berdasarkan dalil, serta menerapkan hukum-hukum Islam dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: LAILATUL AZIZAH
Date Deposited: 02 Jul 2025 12:55
Last Modified: 02 Jul 2025 12:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/45309

Actions (login required)

View Item View Item