Kepemimpinan Perempuan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Lembaga di Madrasah Aliyah Unggulan Nurul Islam Jember Tahun 2024/2025

Khumairoh, Hilma Shinta Nafilatul (2025) Kepemimpinan Perempuan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Lembaga di Madrasah Aliyah Unggulan Nurul Islam Jember Tahun 2024/2025. Masters thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Hilma Shinta Nafilatul Khumairoh.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Hilma Shinta Nafilatul Khumairoh, 2025, Kepemimpinan Perempuan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Lembaga di Madrasah Aliyah Unggulan Nurul Islam Jember Tahun 2024/2025. Tesis Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Pembimbing I: Dr. H. Zainuddin Al Haj Zaini, Lc., M.Pd.I. Pembimbing II: Dr. Lailatul Usriyah, M.Pd.I.
Kata Kunci: Kepemimpinan Perempuan Kepala Madrasah, Mutu Lembaga
Pendidikan
Penelitian ini didasarkan pada pentingnya peran kepala madrasah dalam menentukan keberhasilan lembaga pendidikan. Dalam konteks ini, kepemimpinan perempuan memiliki karakteristik khas yang dapat berkontribusi signifikan terhadap peningkatan mutu lembaga. Mutu lembaga pendidikan tidak terlepas dari peran kepemimpinan, khususnya kepala madrasah yang menjadi penggerak utama dalam menjalankan fungsi manajerial, supervisi, dan pengembangan institusi.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kepemimpinan perempuan kepala madrasah sebagai inspirator di Madrasah Aliyah Unggulan Nurul Islam Jember? 2) Bagaimana kepemimpinan perempuan kepala madrasah sebagai motivator di
Madrasah Aliyah Unggulan Nurul Islam Jember? 3) Bagaimana strategi kepemimpinan perempuan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu lembaga di Madrasah Aliyah Unggulan Nurul Islam Jember?. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan kepemimpinan kepala madrasah perempuan sebagai inspirator di Madrasah Aliyah Unggulan Nurul Islam Jember. 2) Untuk mendeskripsikan kepemimpinan kepala madrasah perempuan sebagai motivator di Madrasah Aliyah Unggulan Nurul Islam Jember. 3) Untuk mendeskripsikan strategi yang diterapkan oleh kepala madrasah perempuan dalam upaya meningkatkan mutu lembaga Madrasah Aliyah Unggulan Nurul Islam Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Lokasi penelitian ini adalah Madrasah Aliyah Unggulan Nurul Islam Jember. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik Milles dan Huberman.
Hasil penelitian ini adalah: (1) Kepemimpinan perempuan kepala madrasah sebagai inspirator di Madrasah Aliyah Unggulan Nurul Islam Jember dapat dilihat pada dua dimensi kepemimpinan, yaitu: memberi pengaruh dan mengupayakan kesadaran. (2) Kepemimpinan perempuan kepala madrasah sebagai motivator di Madrasah Aliyah Unggulan Nurul Islam Jember dapat dilihat pada tiga aksi, yaitu: mengidentifikasi kebutuhan Madrasah, mendukung tenaga pendidik dan kependidikan, dan pemberian reward serta punishment. (3) Strategi kepala madrasah dalam meningkatkan mutu lembaga di Madrasah Aliyah Unggulan Nurul Islam Jember dibagi menjadi dua langkah strategis, yaitu: langkah penetapan strategi peningkatan mutu dan peningkatan melalui inovasi program, yaitu: kelas program khusus, boarding school, pertukaran pelajar, dan beasiswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Hilma Shinta Nafilatul Khumairoh
Date Deposited: 03 Jul 2025 02:10
Last Modified: 03 Jul 2025 02:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/45333

Actions (login required)

View Item View Item