Pengembangan Media Pembelajaran Fish Box for Counting Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas 2A SD.Al-Baitul Amien Jember Tahun Pelajaran 2024-2025

Rohmah, Uyunatur (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Fish Box for Counting Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas 2A SD.Al-Baitul Amien Jember Tahun Pelajaran 2024-2025. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
214101040008_Uyunatur Rohmah (SKRIPSIII fix) (1).pdf

Download (7MB)

Abstract

Uyunatur Rohmah, 2025 Pengembangan Media Pembelajaran Fish Box for Counting Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas 2A SD. Al-Baitul Amien Jember Tahun Pelajaran 2024-2025
Kata Kunci: Pengembangan, Fish Box for Counting, Matematika
Pembelajaran Matematika di kelas 2 SD seringkali menghadapi kendala dalam menyampaikan konsep bilangan dan operasi hitung secara konkret dan menyenangkan. Minimnya penggunaan media pembelajaran yang menarik menyebabkan kurangnya keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran. Siswa kelas 2 yang masih suka bermain tentu sangat membutuhkan bentuk media pembelajaran yang konkret. Oleh karena itu dikembangkan media pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan karakteristik siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan proses pengembangan (2) Mendeskripsikan kelayakan (3) Mendeskripsikan kepraktisan. (4) Mendeskripsikan kefektifan media pembelajaran fish box for counting pada mata pelajaran matematika penjumlahan dan pengurangan soal cerita kelas 2A di SD Al-Baitul Amien Jember.
Pengembangan media pembelajaran fish box for counting menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE, yang mencakup lima tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, dokumentasi, angket, dan tes.
(1) Proses pengembangan media pembelajaran fish box for counting ini sudah sesuai dengan prosedur ADDIE yang melalui 5 tahapan. Pada tahap analysis ditemukan pembelajaran matematika di kelas 2A masih kurang menarik dan kurang memaksimalkan penggunaan media pembelajaran. Pada tahap design, media pembelajaran fish box for counting dirancang menggunakan bahan dari kayu yang dipotong dengan ukuran 40 x 23 cm berbentuk persegi panjang dan di desain sampai siap di implementasikan. Pada tahap development, media dikembangkan dan divalidasi oleh ahli media dan materi dengan hasil “sangat layak”. Pada tahap implementation, dilakukan penerapan media pembelajaran di kelas yang nyata serta diperoleh hasil bahwa nilai postest lebih tinggi dibandingkan nilai pretest, yang menunjukan peningkatan pemahaman siswa. Pada tahap evaluation dilakukan penilaian terhadap kelayakan dan keefektifan media secara keseluruhan berdasarkan hasil angket, nilai tes, dan tanggapan siswa (2) Hasil presentase kelayakan media pembelajaran dilakukan oleh 2 ahli, yakni media dan materi yang diperoleh dari angket validasi. Hasil validasi angket ahli media mencapai 80% dalam kategori layak dan dari ahli materi 98% dalam kategori sangat layak (3) Kepraktisan yang diperoleh dari angket respon guru dan peserta didik mendapatkan hasil yaitu menurut guru 96% dengan kategori sangat praktis dan peserta didik 90% dalam kategori praktis (4) Efektivitas media pembelajaran ini dihasilkan dari nilai lembar kerja peserta didik berupa soal pretest dan postest yakni mencapai 74% dengan kategori efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0103 Numerical and Computational mathematics > 010301 Numerical Analysis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ny. Uyunatur Rohmah
Date Deposited: 02 Jul 2025 13:42
Last Modified: 02 Jul 2025 13:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/45335

Actions (login required)

View Item View Item