Laeli, Nur Waviq Rohmatul (2025) MANAJEMEN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS MENGAJAR GURU DI MADRASAH ALIYAH MODEL HIDAYATUL HASAN LUMAJANG. Undergraduate thesis, UIM KHAchmas Siddiq Jember.
![]() |
Text
NUR WAVIQ_211101030032.pdf Download (15MB) |
Abstract
Nur Waviq Rohmatul Laeli, 2025. Manajemen Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kualitas Mengajar Guru di Madrasah Aliyah Model Hidayatul Hasan Lumajang
Kata kunci: Manajemen Kepala Madrasah, Peran Kepala Madrasah
Berdasarkan hasil observasi di Madrasah Aliyah Model Hidayatul Hasan Lumajang, diketahui bahwa kepala madrasah memiliki sejumlah setrategi yang unik untuk mempengaruhi kualitas mengajar guru, seperti menyusun program kompetensi guru, pengelolaan sumber daya yang efisien, serta pengawasan terhadap proses pembelajaran. Strategi tersebut tidak selalu di jumpai di Madrasah Aliyah lainnya, sehingga penting bagi peneliti untuk dilakukan panelitian di Madrasah Aliyah Model Hidayatul Hasan Lumajang.
Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana peran kepala madrasah sebagai leader dalam meningkatkan kualitas mengajar guru di Madrasah Aliyah Model Hidayatul Hasan? (2) Bagaimana peran kepala madrasah sebagai manager dalam meningkatkan kualitas mengajar guru di Madrasah Aliyah Model Hidayatul Hasan?. Tujuan Penelitian: (1) Untuk mendeskripsikan peran kepala madrasah sebagai leader dalam meningkatkan kualitas mengajar guru di Madrasah Aliyah Model Hidayatul Hasan. (2) Untuk menggambarkan peran Kepala Madrasah sebagai manager dalam meningkatkan kualitas mengajar guru di Madrasah Aliyah Model Hidayatul Hasan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis fenomenologi. Subjek penelitian ini meliputi: Kepala madrasah, Waka Kurikulum dan tenaga pendidik. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data mengikuti model analisis Miles Huberman meliputi, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pemeriksan keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil dari penelitian ini meliputi: (1) Peran kepala Madrasah sebagai leader dalam meningkatkan kualitas mengajar guru meliputi, menjadi teladan dengan memberikan contoh baik, mengundang motivator yang pengalaman tinggi di bidang pendidikan, melakukan rapat evaluasi di khususkan untuk pengembangan kualitas mengajar guru di lembaga, serta melakukan pengawalan langsung dalam memantau dan melihat perkembangan para guru dalam kegiatan belajar mengajar. (2) Peran Kepala Madrasah sebagai manager dalam meningkatkan kualitas mengajar guru dengan cara mengadakan rapat dengan para guru untuk membuat program-program yang dapat meningkatkan kualitas mengajar guru dengan mengundang ahli di bidangnya dalam melakukan pembinaan, kemudian melakukan pengendalian untuk tindak lanjut dari hasil rapat kerja. Kemudian evaluasi secara berkala untuk mengukur keberhasilan dan melakukan perbaikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Nur Waviq Rohmatul Laeli |
Date Deposited: | 02 Jul 2025 14:01 |
Last Modified: | 02 Jul 2025 14:01 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/45346 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |