Sari, Nofita (2025) PENGGUNAAN METODE QIRAATI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DI TPQ AL-ISHLAH CURAH TAKIR TEMPUREJO JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.
![]() |
Text
Skripsi Nofita Sari T20181142.pdf Download (5MB) |
Abstract
Nofita Sari, 2025: Penggunaan Metode Qiraati Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Di TPQ Al-Ishlah Curah Takir Tempurejo Jember.
Kata Kunci : Penggunaan Metode Qiraati, Kemampuan Membaca Al-Qur’an, TPQ Al-Ishlah.
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan ketertarikan penulis akan penggunaan metode qiraati dalam meningkatkan kemampuan membaca al-qur’an di TPQ Al-Ishlah Curah Takir Tempurejo Jember, yang mana penggunaan metode qiraati ini sangat penting untuk kita sebagai umat islam dalam membaca Al-Qur’an dengan baik.
Fokus penelitian yang diteliti yaitu: (1) Bagaimana desain metode qiraati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di TPQ Al-Ishlah Curah Takir, Tempurejo, Jember? (2) Bagaimana Pelaksanaan metode qiraati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di TPQ Al-Ishlah Curah Takir, Tempurejo, Jember? (3) Bagaimana hambatan dan tantangan metode qiraati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di TPQ Al-Ishlah Curah Takir, Tempurejo, Jember?
Tujuan Penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui desain metode pembelajaran Al-Qur’an Qiraati. (2) Untuk mengetahui penerapan metode qiraati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di TPQ Al-Ishlah Curah Takir, Tempurejo, Jember. (3) Untuk mengetahui hambatan dan tantangan metode qiraati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di TPQ Al-Ishlah Curah Takir, Tempurejo, Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penetapan subjek dilakukan secara Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Serta analisis data dilakukan secara interaktif yakni pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan Teknik.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Desain metode pengajaran qiraati di TPQ Al-Islah menggunakan metode drilling atau simak tiru berulang. (2) Pelaksanaan metode qiraati di TPQ Al-Ishlah dilakukan dengan memulai mujroah Bersama dan dilanjutkan dengan setoran hafalan dan bacaan secara individual (3) Hambatan dan tantangannya yaitu jumlah guru yang kurang memadai, jam waktu yang singkat, dan sarana prasarana yang kurang memadai.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 12 BUILT ENVIRONMENT AND DESIGN > 1299 Other Built Environment and Design > 129999 Built Environment and Design not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nofita Sari |
Date Deposited: | 02 Jul 2025 14:27 |
Last Modified: | 02 Jul 2025 14:27 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/45383 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |