Manajemen Penyelesaian Konflik Intrapersonal dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Santri Menggunakan Konsep STIFIn di Wilayah Al-Mawaddah Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo

Amaliyah, Azizatul (2025) Manajemen Penyelesaian Konflik Intrapersonal dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Santri Menggunakan Konsep STIFIn di Wilayah Al-Mawaddah Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
AZIZATUL AMALIYAH NIM 214101030008 WM FIKS.pdf

Download (4MB)

Abstract

Manajemen penyelesaian konflik intrapersonal merupakan aspek yang sangat krusial dalam dunia pendidikan terutama dalam proses belajar. Konflik intrapersonal kerap kali terjadi dalam diri santri karena adanya benturan antara peran, beban, keinginan dan kemampuan yang dimiliki. Ketidakseimbangan tersebut dapat mengakibatkan santri mengalami kesulitan belajar. Pentingnya manajemen penyelesaian konflik intrapersonal santri untuk mencapai tujuan pendidikan yang lebih baik.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana identifikasi penyelesaian konflik intrapersonal dalam mengatasi kesulitan belajar menggunakan konsep STIFIn di Wilayah Al-Mawaddah Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo? 2) Bagaimana strategi penyelesaian konflik intrapersonal dalam mengatasi kesulitan belajar menggunakan konsep STIFIn di Wilayah Al-Mawaddah Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo? 3) Bagaimana upaya penyelesaian konflik intrapersonal dalam mengatasi kesulitan belajar menggunakan konsep STIFIn di Wilayah Al-Mawaddah Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan identifikasi penyelesaian konflik intrapersonal dalam mengatasi kesulitan belajar menggunakan konsep STIFIn di Wilayah Al-Mawaddah Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo, 2) Mendeskripsikan strategi penyelesaian konflik intrapersonal dalam mengatasi kesulitan belajar menggunakan konsep STIFIn di Wilayah Al-Mawaddah Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo, 3) Mendeskripsikan upaya penyelesaian konflik intrapersonal dalam mengatasi kesulitan belajar menggunakan konsep STIFIn di Wilayah Al-Mawaddah Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo.
Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data berupa observasi partisipasi pasif, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif Miles, Huberman dan Saldana yang meliputi langkah-langkah, pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil Penelitian ini adalah: 1) Identifikasi penyelesaian konflik intrapersonal ditemukan bahwa santri mengalami Avoidance-avoidance conflict dan Approach-avoidance conflict. Penyebab kesulitan belajar yaitu faktor internal kondisi fisik dan psikis santri dan faktor eksternal meliputi tuntutan orang tua, lingkungan yang kurang mendukung dan ketidakmampuan memahami cara belajar. 2) Strategi penyelesaian konflik berdasarkan konsep STIFIn dilakukan melalui tahapan identifikasi konflik, pencarian solusi, implementasi dan evaluasi, dengan pemantauan oleh wali asuh dan konselor. 3) Upaya penyelesaian konflik meliputi Sharing bersama wali asuh, Bimbingan Konseling, Seminar Parenting Class, Morning Spirit, Sharing STIFIn dan game edukasi ala STIFIn.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170109 Personality, Abilities and Assessment
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Azizatul Amaliyah
Date Deposited: 02 Jul 2025 14:32
Last Modified: 02 Jul 2025 14:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/45390

Actions (login required)

View Item View Item