Anam, Khoiril (2025) PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP PEMAHAMAN SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 4 JEMBER TAHUN AJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
SKRIPSI KHOIRIL ANAM_202101090032.pdf Download (7MB) |
Abstract
Khoiril Anam, 2025: Pengaruh Metode Mind Mapping terhadap Pemahaman Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Jember Tahun Ajaran 2024/2025
Kata Kunci: Mind Mapping, Pemahaman Siswa, Mata Pelajaran IPS
Berdasarkan temuan di SMP Negeri 4 Jember, banyak siswa kelas VIII khususnya kelas VIII D dan E kurang aktif mencatat informasi penting yang disampaikan guru. Mereka cenderung pasif dan hanya menunggu penjelasan tertulis tanpa inisiatif mencatat sendiri. Selain itu, pemahaman siswa masih rendah, ditandai dengan kecenderungan mengandalkan hafalan dibandingkan pemahaman konsep.
Untuk meningkatkan pemahaman siswa, diperlukan metode pembelajaran yang inovatif, interaktif, dan sesuai dengan gaya belajar mereka. Salah satu metode yang efektif adalah mind mapping, yaitu teknik pembelajaran visual yang menyajikan informasi dalam bentuk peta pikiran bercabang dengan bantuan warna, simbol, dan kata kunci. Teknik ini membantu otak mengorganisasi dan mengaitkan informasi, sekaligus mendorong kreativitas serta pemahaman konseptual siswa.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah ada pengaruh metode mind mapping terhadap pemahaman siswa kelas VIII pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Jember Tahun Ajaran 2024/2025.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experiment, Desain penelitian yang dipakai yakni Non Equivalent Group Design yaitu desain penelitian dengan menggunakan pretest-posttest. Populasi yang diambil pada penelitian ini yakni kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Jember. Sampel yang dipilih oleh peneliti yakni kelas VIII yang berjumlah 63 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan dokumentasi. Uji instrumen penelitian menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, tingkat kesukaran soal, dan daya beda. Analisis data menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Uji hipotesis menggunakan Independent Sample T-test.
Hasil yang diperoleh dari uji Independent Sample T-test menunjukkan bahwa nilai signifikansi (2-tailed) 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa nilai signifikansi (2-tailed) < 0.05 sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak. Artinya, terdapat pengaruh yang signifikan antara pengaruh metode mind mapping terhadap pemahaman siswa kelas VIII pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Jember Tahun Ajaran 2024/2025. Dengan ditolaknya H0 dan diterimanya Ha maka penelitian ini dapat membuktikan kebenaran hipotesis yaitu terdapat perbedaan yang signifikan antara pemahaman siswa yang diajar menggunakan metode mind mapping dengan siswa yang diajar menggunakan metode pembelajaran konvensional pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Jember Tahun Ajaran 2024/2025.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mind Mapping, Pemahaman Siswa, Mata Pelajaran IPS |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Khoiril Anam |
Date Deposited: | 02 Jul 2025 14:39 |
Last Modified: | 02 Jul 2025 14:39 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/45392 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |