Strategi Pembelajaran Mind Mapping Dalam Mengembangkan Kreativitas Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 3 Lumajang

Masy'udi, Mohammad Nalis (2025) Strategi Pembelajaran Mind Mapping Dalam Mengembangkan Kreativitas Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 3 Lumajang. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mohammad Nalis Masy’udi_202101010004.pdf

Download (7MB)

Abstract

Kata Kunci: Kreativitas, Mind Mapping, Mata Pelajaran Akidah Akhlak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya penerapan strategi pembelajaran mind mapping pada mata pelajaran akidah akhlak di MTsN 3 Lumajang yang mana dengan penggunaan strategi pembelajaran ini diharapkan dapat mengembangkan kreativitas siswa.
Fokus dari penelitian ini yakni: Bagaimana perencanaan strategi pembelajaran mind mapping dalam mengembangakan kreativitas siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MTsN 3 Lumajang? 2.Bagaimana pelaksanaan strategi pembelajaran mind mapping dalam mengembangakan kreativitas siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MTsN 3 Lumajang? 3. Bagaimana evaluasi strategi pembelajaran mind mapping dalam mengembangkan kreativitas siswa pada mata pelajaran akidah akhklak di MTsN 3 Lumajang?
Tujuan dari penelitian ini yakni: 1. Untuk mengetahui perencanaan strategi pembelajaran mind mapping dalam mengembangkan kreativitas siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MTsN 3 Lumajang. 2. Untuk mengetahui pelaksanaan strategi pembelajaran mind mapping dalam mengembangkan kreativitas siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MTsN 3 Lumajang. 3. Untuk mengetahui evaluasi strategi pembelajaran mind mapping dalam mengembangkan kreativitas siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MTsN 3 Lumajang.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga metode yakni: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan: kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dan yang terakhir adalah uji keabsahan data yang menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Adapun hasil dari penelitian ini: 1. Perencanaan strategi pembelajaran mind mapping dalam mengembangkan kreativitas siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MTsN 3 Lumajang dilakukan oleh guru dengan menyiapkan modul ajar. 2. Pelaksanaan strategi pembelajaran mind mapping dalam mengembangkan kreativitas siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MTsN 3 Lumajang adalah: 1) kegiatan pendahuluan yaitu, mengondisikan siswa, salam, berdo‟a, presensi, dan apersepsi. 2) kegiatan inti yaitu, siswa membentuk kelompok, siswa memperhatikan petunjuk pembuatan mind mapping yang dijelaskan guru, guru membagikan selembar kertas kosong pada tiap kelompok, siswa merancang pembuatan mind mapping, setiap kelompok ditunjuk oleh guru untuk mempresentasikan hasil mind mapping di depan kelas, perwakilan kelompok mengumpulkan hasil pembuatan mind mapping di meja guru. 3) Kegiatan penutup yaitu, guru melakukan refleksi terkait materi yang dipelajari dan situasi yang di hadapi melalui tanya jawab dan penugasan, menyampaikan informasi tentang materi berikutnya, dan berdo‟a. 3. Evaluasi strategi pembelajaran mind mapping dalam mengembangkan kreativitas siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MTsN 3 Lumajang guru melakukan dua jenis evaluasi, yaitu evaluasi formatif seperti tes tulis ulangan harian dan tes lisan disaat presentasi kelompok dan sumatif seperti ulangan akhir semester.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Mohammad Nalis Masy'udi
Date Deposited: 02 Jul 2025 15:12
Last Modified: 02 Jul 2025 15:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/45430

Actions (login required)

View Item View Item