Manajemen Kurikulum MA Plus Keterampilan Program Tata Busana Dalam Mengembangkan Kompetensi Kreativitas Siswa Di Madrasah Aliyah Negeri Lumajang

Kharisma, Nova (2025) Manajemen Kurikulum MA Plus Keterampilan Program Tata Busana Dalam Mengembangkan Kompetensi Kreativitas Siswa Di Madrasah Aliyah Negeri Lumajang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI NOVA KHARISMA.pdf

Download (5MB)

Abstract

Nova Kharisma, 2025: Manajemen Kurikulum MA Plus Keterampilan Program Tata Busana dalam Mengembangkan Kompetensi Kreativitas Siswa di Madrasah Aliyah Negeri Lumajang.
Kata Kunci: Manajemen Kurikulum, MA Plus Keterampilan Program Tata Busana, Kompetensi Kreativitas Siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan kurikulum MA Plus Keterampilan, khususnya Program Tata Busana di MAN Lumajang sebagai upaya strategis dalam membekali siswa dengan keterampilan hidup, kreativitas dan jiwa kewirausahaan yang relevan dengan kebutuhan dunia kerja di era industri kreatif. Kurikulum ini dirancang secara terpadu, menggabungkan aspek akademik, nilai-nilai keislaman, dan keterampilan vokasional di bidang tata busana
Fokus penelitian adalah 1) Bagaimana perencanaan manajemen kurikulum MA Plus keterampilan program tata busana dalam mengembangkan kompetensi kreativitas siswa di Madrasah Aliyah Negeri Lumajang? 2) Bagaimana pengorganisasian manajemen kurikulum MA Plus keterampilan program tata busana dalam mengembangkan kompetensi kreativitas siswa di Madrasah Aliyah Negeri Lumajang? 3) Bagaimana pelaksanaan manajemen kurikulum MA plus keterampilan program tata busana dalam megembangkan kompetensi kreativitas siswa di Madrasah Aliyah Negeri Lumajang? 4) Bagaimana evaluasi manajemen kurikulum MA plus keterampilan program tata busana dalam mengembangkan kompetensi kreativitas siswa di Madrasah Aliyah Negeri Lumajang?
Tujuan dari penelitian ini 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan manajemen kurikulum MA plus keterampilan program tata busana dalam mengembangkan kompetensi kreativitas siswa di Madrasah Aliyah Negeri Lumajang? 2) Untuk mendeskripsikan pengorganisasian manajemen kurikulum MA plus keterampilan program tata busana dalam mengembangkan kompetensi kreativitas siswa di Madrasah Aliyah Negeri Lumajang? 3) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan manajemen kurikulum MA plus keterampilan program tata busana dalam megembangkan kompetensi kreativitas siswa di Madrasah Aliyah Negeri Lumajang? 4) Untuk menddeskripsikan evaluasi manajemen kurikulum MA plus keterampilan program tata busana dalam mengembangkan kompetensi kreativitas siswa di Madrasah Aliyah Negeri Lumajang?
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahapan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji melalui triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen kurikulum MA Plus Keterampilan program Tata Busana Dalam Mengembangkan Kompetensi Kretivitas Siswa di Madrasah Aliyah Negeri Lumajang 1) Program tata busana di Madrasah dirancang untuk mengembangkan kemampuan desain dan pembuatan busana. 2) MAN Lumajang mengorganisasi program Tata Busana dengan 60% praktik dan 40% teori, terjadwal 3–4 kali per minggu. 3) Pelaksanaan pembuatan busana pola kertas, siswa bebas memilih motif kain dan menggunakan mesin jahit. 4) Evaluasi program tata busana di MAN Lumajang dilakukan formatif dan sumatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150312 Organisational Planning and Management
Depositing User: Ms. Nova Kharisma
Date Deposited: 03 Jul 2025 04:36
Last Modified: 03 Jul 2025 04:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/45522

Actions (login required)

View Item View Item