STRATEGI KOMUNIKASI DALAM MENYAMPAIKAN PESAN DAKWAH PADA PROGRAM ACARA DIALOG INTERAKTIF DI RADIO DAKWAH ASSUNNIYAH KENCONG

Muhiddin, Mohammad Id'ham Navier (2025) STRATEGI KOMUNIKASI DALAM MENYAMPAIKAN PESAN DAKWAH PADA PROGRAM ACARA DIALOG INTERAKTIF DI RADIO DAKWAH ASSUNNIYAH KENCONG. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq jember.

[img] Text
M. Idham Navier Muhiddin (D20181055)-Skripsi.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
Navier, Id’ham, 2025. Strategi Komunikasi dalam Menyampaikan Pesan Dakwah pada Program Acara Dialog Interaktif di Radio Dakwah Assunniyah Kencong
Kata Kunci : Strategi Komunikasi, Dialog Interaktif.
Radio Dakwah Assunniyah tentunya merencanakan strategi-strategi tertentu dalam menyampikan dakwah pada program acara dialog interaktif agar tetap diminati oleh banyak pendengar. Dikarenakan pada saat ini pendengar radio mengalami penurunan peminat.
Adapun fokus penelitian ada dua yaitu : 1. Bagaimana strategi komunikasi Radio Dakwah Assuniyah (RADAS) dalam menyampaikan pesan dakwah pada program acara Dialog Interaktif? 2. Bagaimana peluang dan hambatan komunikasi dakwah Radio Dakwah Assunniyah (RADAS) dalam program acara Dialog Interaktif ? Sedangkan tujuannya yaitu : 1. Untuk mengetahui strategi komunikasi Radio Dakwah Assunniyah (RADAS) dalam menyampaikan pesan dakwah pada program acara Dialog Interaktif 2. Untuk mengetahui peluang dan hambatan komunikasi dakwah Radio Dakwah Assunniyah (RADAS) dalam program acara Dialog Interaktif
Metode penelitian yang diambil menggunakan kualitatif, dan Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif yang meliputi lokasi penelitian dan subjek penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis menggunakan model Miles dan Huberman.
Hasil penelitian yang disimpulkan oleh peneliti adalah bahwa 1. Strategi komunikasi dakwah Radio Dakwah Assunniyah dalam program dialog interaktif yaitu dengan menerapkan faktor dan komponen-komponen strategi komunikasi mulai dari mengenal khalayak dengan memperhatikan faktor refrensi juga faktor situasi dan kondisi dengan cara membuat grup WhatsApp sebagai wadah bagi pendengar untuk menyampaikan saran dan kritik., kemudian menyusun pesan dengan menerapkan bentuk on side issue (sepihak), kemudian menetapkan metode dengan menerapkan metode edukatif, kemudian pemilihan media dengan memilih menggunakan media sosial seperti Youtube dan Facebook selain media radio, kemudian peranan komunikator dengan memeperhatikan faktor source credibility. Dan untuk tahap-tahap strategi komunikasi, Radio Dakwah Assunniyah sudah melaksanakan semua tahap-tahap strategi yaitu perencanaan strategi, implementasi strategi, dan evaluasi strategi. 2. Peluang dan hambatan komunikasi dakwah radio Dakwah Assunniyah dalam perogram acara dialog interaktif ialah untuk peluang bisa berinteraksi langsung dengan pendegar kemudian biaya produksi yang relatif terjangkau. Dan untuk hambatanya ialah kualitas produksi karena keterbatasan anggota yang berpengalaman dan perlatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200104 Media Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Mohammad Id'ham Navier Muhiddin
Date Deposited: 03 Jul 2025 04:48
Last Modified: 03 Jul 2025 04:48
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/45534

Actions (login required)

View Item View Item