Rozikin, Mohammad Khoirur (2025) Implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler Al-Banjari terhadap Pembentukan Karakter Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Lumajang Tahun Ajaran 2024/2025. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.
![]() |
Text
MOHAMMAD KHOIRUR ROZIKIN (211101010004).pdf Download (3MB) |
Abstract
Mohammad Khoirur Rozikin, 2025: Implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler Al-Banjari terhadap Pembentukan Karakter Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Lumajang Tahun Ajaran 2024/2025.
Kata kunci: ekstrakurikuler Al-Banjari, pembentukan karakter siswa, Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Lumajang
SMKN 1 Lumajang adalah sekolah umum yang memiliki kegiatan keislaman layaknya lembaga keislaman seperti madrasah. Salah satunya adalah kegiatan ekstrakurikuler Al-Banjari yang memiliki banyak prestasi dan dampak yang baik bagi siswa. Kegiatan ini menanamkan nilai-nilai keislaman seperti cinta kepada Nabi Muhammad SAW, serta membentuk akidah, ibadah seperti terbiasa melaksanakan shalat berjama’ah, dan akhlak sopan santun siswa.
Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana desain kegiatan ekstrakurikuler Al-banjari di SMKN 1 Lumajang Tahun 2024/2025? 2) Bagaimana implementasi kegiatan ekstrakurikuler Al-banjari terhadap pembentukan karakter siswa di SMKN 1 Lumajang tahun ajaran 2024/2025? 3) Bagaimana dampak implementasi kegiatan ekstrakurikuler Al-banjari terhadap pembentukan karakter siswa di SMKN 1 Lumajang tahun ajaran 2024/2025?
Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Mendeskripsikan desain kegiatan ekstrakurikuler Al-banjari di SMKN 1 Lumajang Tahun 2024/2025. 2) Mendeskripsikan implementasi kegiatan ekstrakurikuler Al-banjari terhadap pembentukan karakter siswa di SMKN 1 Lumajang tahun ajaran 2024/2025. 3) Mendeskripsikan dampak kegiatan ekstrakurikuler Al-banjari terhadap pembentukan karakter siswa di SMKN 1 Lumajang tahun ajaran 2024/2025.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara/interview, observasi secara langsung, dan dokumentasi. Sedangkan, teknik analisis data dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu: 1) desain kegiatan ekstrakurikuler Al-banjari di SMKN 1 Lumajang langkah awal yaitu dengan penelusuran minat bakat siswa, penentuan tujuan, serta program ekstrakurikuler Al-Banjari. 2) implementasi kegiatan ekstrakurikuler Al-banjari di SMKN 1 Lumajang dilaksanakan sesuai jadwal yaitu hari Senin dan Jum’at, materi yang diberikan yaitu tentang rumus pukulan hadrah, teknik vokal, lagu-lagu sholawat beserta pemaknaannya, metode yang digunakan yaitu metode ceramah, demonstrasi, dan diskusi. 3) dampak kegiatan ekstrakurikuler Al-banjari yaitu menimbulkan ketenangan hati, sehingga menambah keimanan dan ketaqwaan, siswa yang sebelumnya jarang salat, setelah ikut kegiatan Al-Banjari menjadi lebih rajin shalat berjamaah, dan menjaga ibadah sunah lainnya, menumbuhkan perilaku disiplin dan bertanggung jawab, Siswa yang dulunya suka berkata kotor atau mengejek temannya mulai menunjukkan perubahan dalam tutur kata, lebih halus dan sopan saat berbicara karena terbiasa mendengar shalawat dan zikir, serta mengembangkan perilaku kerjasama antar sesama.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Depositing User: | Mohammad Khoirur Rozikin |
Date Deposited: | 03 Jul 2025 07:44 |
Last Modified: | 03 Jul 2025 07:44 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/45609 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |