PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA SUB MATERI DAUR BIOGEOKIMIA KELAS X SMAS ARGOPURO PANTI JEMBER TAHUN AJARAN 2024/2025

Khoiriyah, Sinta (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA SUB MATERI DAUR BIOGEOKIMIA KELAS X SMAS ARGOPURO PANTI JEMBER TAHUN AJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI SINTA KHOIRIYAH.pdf

Download (9MB)

Abstract

Kata Kunci: Guided Discovery Learning, Keterampilan Proses Sains, Hasil Belajar Kognitif.
Penelitian pendahuluan melalui wawancara bahwa siswa kelas X SMAS Argopuro Panti Jember memiliki keterampilan proses sains dan hasil belajar yang tergolong rendah. Penyebabnya dapat disebabkan karena keterampilan proses sains yang belum pernah diukur sehingga siswa belum pernah dilatih proses sainsnya seperti jarang dalam berdiskusi terkait konsep-konsep sains yang melatih siswa dalam mencapai sikap ilmiah. Siswa juga mengalami kesulitan dalam menerapkan keterampilan proses sains pada materi daur biogeokimia yang membahas proses-proses abstrak. Pada studi awal juga menemukan nilai rata-rata siswa pada mata pelajaran biologi masih di bawah KKM yaitu 75. Penemuan tersebut menandakan bahwa pada sub materi daur biogeokimia masih butuh dioptimalisasikan, salah satunya dengan penggunaan model pembelajaran.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Guided Discovery Learning terhadap keterampilan proses sains siswa pada sub materi daur biogeokimia kelas X SMAS Argopuro Panti Jember Tahun Ajaran 2024/2025. 2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Guided Discovery Learning terhadap hasil belajar kognitif siswa pada sub materi daur biogeokimia kelas X SMAS Argopuro Panti Jember Tahun Ajaran 2024/2025.
Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen dengan bentuk penelitian Posttest Only Control Group. Instrumen Pengumpulan data pada variabel keterampilan proses sains menggunaka tes essay dan hasil belajar kognitif menggunakan tes pilihan ganda. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas X A sebagai kelas kontrol dan kelas X B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 59 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Teknik analisis data menggunakan uji Mann Whitney U-test dan uji Independent Sample T-test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Terdapat perbedaan keterampilan proses sains yang signifikan setelah diajarkan model pembelajaran guided discovery learning dengan nilai signifikansi 0,011 lebih kecil dari nilai signifikansi 0,05 sehingga H01 ditolak dan Ha1 diterima. Dengan demikian adanya pengaruh model pembelajaran Guided Discovery Learning terhadap keterampilan proses sains siswa pada sub materi daur biogeokimia kelas X SMAS Argopuro Panti Jember Tahun Ajaran 2024/2025. 2) Terdapat perbedaan hasil belajar kognitif siswa yang signifikan setelah diajarkan model pembelajaran Guided Discovery Learning dengan nilai signifikansi 0,011 lebih kecil dari nilai signifikansi 0,05 sehingga H02 ditolak dan Ha2 diterima. Dengan demikian terdapat pengaruh model pembelajaran Guided Discovery Learning terhadap hasil belajar kognitif siswa pada sub materi daur biogeokimia kelas X SMAS Argopuro Panti Jember Tahun Ajaran 2024/2025.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0602 Ecology > 060202 Community Ecology (excl. Invasive Species Ecology)
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Sinta Khoiriyah
Date Deposited: 04 Jul 2025 05:20
Last Modified: 04 Jul 2025 05:20
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/45613

Actions (login required)

View Item View Item