Hotimah, Husnul (2025) Pengaruh Reputasi Organisasi, Akuntabilitas & Transparansi Pengelolaan Lembaga Amil Zakat Terhadap Kepercayaan Donatur (Studi Empiris LAZDA RIZKI Jember). Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.
![]() |
Text
Husnul Hotimah_212105040006.pdf Download (5MB) |
Abstract
Lembaga non-profit, khususnya yang berbasis islam seperti Lembaga Amil Zakat (LAZ) memiliki peran penting dalam mensejahterakan masyarakat melalui pengelolaan zakat, infaq, dan shadaqah. Kepercayaan publik menjadi faktor utama keberhasilan lembaga non-profit. Kepercayaan dapat dibangun melalui reputasi organisasi serta prinsip akuntabilitas & transparansi dalam pengelolaan dana. Salah satu lembaga non-profit yang bergerak dibidang zakat, infaq, dan shodaqah yang berada dijember yaitu LAZDA RIZKI Jember.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah reputasi organisasi, akuntabilitas & transparansi pengelolaan lembaga amil zakat berpengaruh terhadap kepercayaan donatur di Lembaga Amil Zakat Daerah(LAZDA) RIZKI Jember.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh reputasi organisasi, akuntabilitas & transparansi terhadap kepercayaan donatur di Lembaga Amil Zakat Daerah (LAZDA) RIZKI Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode explanatory research. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada donatur LAZDA RIZKI Jember. Sampel penelitian ditentukan menggunakan metode probability sampling dengan teknik simple random sampling dengan jumlah 80 responden sebagai sampel. Analisis data dilakukan dengan menggunakan regresi linier berganda untuk mengetahui pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. Perhitungan data menggunakan program SPSS versi 24.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa reputasi organisasi tidak
berpengaruh terhadap kepercayaan donatur. Akuntabilitas & Transparansi dalam pengelolaan dana juga tidak berpengaruh terhadap kepercayaan donatur. Selain itu, penelitian ini menemukan bahwa secara simultan reputasi organisasi, akuntabilitas & transparansi memiliki pengaruh terhadap kepercayaan donatur. Temuan ini mengindikasikan bahwa faktor yang memperngaruhi kepercayaan donatur bukan hanya reputasi organisasi, akuntabilitas & transparansi saja, akan tetapi ada faktor lain yang lebih mempengaruhi kepercayaan donatur.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150102 Auditing and Accountability 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150105 Management Accounting |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf |
Depositing User: | ms perpustakaan husnulhotimah |
Date Deposited: | 03 Jul 2025 08:05 |
Last Modified: | 03 Jul 2025 08:05 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/45621 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |