PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS X DI SMAN 1 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Afkarina, Intan Izza (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS X DI SMAN 1 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, Uin Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI INTAN IZZA A FIKSS.pdf

Download (7MB)

Abstract

Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti merupakan mata pelajaran yang penting dalam kehidupan setiap siswa. Karena pelajaran ini dapat membantu dalam membentuk sikap dalam kehidupan sehari-hari siswa. Model pembelajaran kooperatif dibutuhkan untuk mengajar mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti, sehingga bisa menumbuhkan minat belajar siswa pada mata pelajaran ini. Salah satu model pembelajaran yang menarik digunakan dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama islam dan Budi Pekerti yaitu model pembelajaran kooperatif tipe make a match.
Adapun fokus penelitian yang dibahas pada skripsi ini adalah: 1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti kelas X di SMAN 1 Jember? 2) Bagaimana respon siswa dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti kelas X di SMAN 1 Jember?
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, jenis penelitiannya deskriptif. Lokasi penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Jember. Teknik purposive sampling digunakan untuk menentukan subyek penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu analisis menurut Miles and Huberman yaitu: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa: 1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match ini yang pertama melakukan perencanaan: Menentukan kurikulum, menyusun modul ajar tentang materi hakikat mencintai Allah, Khauf, Raja’, dan Tawakal serta menyiapkan media pembelajaran berupa kartu soal dan jawaban. Pelaksanaan: Dimulai dengan pembukaan, dilanjut dengan penyampaian materi, pembagian kartu soal dan jawaban, serta penjelasan aturan permainan. Siswa mencari pasangan kartu yang sesuai, mempresentasikan hasil pasangan kartu mereka dan guru memberikan penjelasan tambahan. Evaluasi: Melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran untuk memastikan pemahaman siswa. 2) Respon siswa dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match ini baik, siswa mampu terlibat dengan menyimak penjelasan materi oleh guru, mengikuti permainan, mencocokkan kartu dan kerja sama dengan siswa lainnya dengan antusias, jadi siswa terlibat secara aktif. Dengan penerapan model pembelajaran ini mampu diikuti siswa dengan seru dan menyenangkan. Kendala yang dialami adalah kegaduhan siswa pada saat mencari pasangan kartu, kesulitan mengingat materi pada saat permainan, dan masih terdapat siswa yang malu untuk berinteraksi dengan temannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Intan Izza Afkarina
Date Deposited: 03 Jul 2025 08:29
Last Modified: 03 Jul 2025 08:29
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/45630

Actions (login required)

View Item View Item