PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD ELEKTRONIK PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV DI MIN 6 JEMBER

Irawan Tri Fadli, Muhammad (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD ELEKTRONIK PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV DI MIN 6 JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KIAI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SETELAH SIDANG IRAWAN watermax.pdf

Download (5MB)

Abstract

Muhammad Irawan Tri Fadli, 2025. “Pengembangan Media Pembelajaran Flaschard
Elektronik pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial untuk
Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV di MIN 6 Jember”.
Kata Kunci :Flaschard Elektronik,Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial, Hasil belajar.
Madrasah Ibtidaiyah Negeri 6 Jember mengalami kendala dalam mengajar
karena kekurangan ketersediaan media pembelajaran dan sifatnya yang cenderung pasif.
Guru alat bantu seringnya menggunakan alat bantu papan tulis dan buku paket saja,
tetapi penggunaan media ini sering membuat suasana belajar monoton, sehingga siswa
kurang bersemangat. Siswa sekolah dasar membutuhkan alat bantu agar materi yang
diajarkan lebih mudah dipahami. Oleh karena itu, diperlukan media pembelajaran yang
membantu siswa memahami materi IPAS, terutama yang berkaitan dengan Materi
Indonesia Kaya Budaya.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yakni 1) Bagaimana proses
pengembangan media pembelajaran Flaschard Elektronik pada mata pelajaran IPAS
untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas IV di MIN 6 Jember? 2)
Bagaimana Kelayakan pengembangan media pembelajaran Flaschard Elektronik pada
mata pelajaran IPAS untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas IV di
MIN 6 Jember? 3)Bagaimana efektivitas dari pengembangan media pembelajaran
Flaschard Elektronik pada mata pelajaran IPAS untuk meningkatkan motivasi belajar
peserta didik kelas IV di MIN 6 Jember Jember?
Tujuan dari penelitian ini yakni Mengetahui dan mendeksripsikan proses
pengembangan media pembelajaran Flaschard Elektronik. Mendeksripsikan kelayakan
pengembangan media pembelajaran Flaschard Elektronik. Mengetahui efektivitas
pengembangan media pembelajaran Flaschard Elektronik pada mata pelajaran IPAS
untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV di MIN 6 Jember.
Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan atau yang biasa
dikenal dengan sebutan Research and Development (R&D). Model pengembangan yang
digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan procedural yang bersifat
deskriptif model ADDIE dengan
instrumen pengumpulan data berupa
wawancara,observasi, dokumentasi dan angket.
Hasil dari penelitian ini sebagai berikut : 1)Produk yang dikembangkan yaitu
media Flashcard elektronik dengan proses pengembangan model ADDIE (analysis,
design, development, implementation dan evaluation). 2) Analisis ahli media
menunjukkan presentase sebesar 90,9%, ahli materi 85% dan ali pembelajaran IPAS
sebesar 90% Secara keseluruhan analisis dari para ahli media menunjukkan presentase
sebesar 88,6% dengan kategori sangat layak untuk diterapkan dalam pembelajaran.3)
Media Flashcard elektronik dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kegiatan pretest dengan presentase sebesar 60,3% dan post-test dengan presentase sebesar 92,6%
sehingga mengalami peningkatan sebesar 30,3% sehingga dikategorikan efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Irawan Fadli
Date Deposited: 03 Jul 2025 08:56
Last Modified: 03 Jul 2025 08:56
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/45666

Actions (login required)

View Item View Item