Kemampuan Berpikir Logis Matematis Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) Ditinjau Dari Kemampuan Matematika Di Kelas XI SMA Negeri 3 Jember

Fatimah, Ervina Reza (2025) Kemampuan Berpikir Logis Matematis Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) Ditinjau Dari Kemampuan Matematika Di Kelas XI SMA Negeri 3 Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI ERVINA REZA FATIMAH SPLTV_compressed.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan berpikir logis matematis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika, khususnya pada materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV). Kemampuan berpikir logis matematis sangat berperan dalam proses penalaran, pengambilan keputusan, dan pemecahan masalah yang logis serta sistematis. Namun, tidak semua siswa memiliki kemampuan matematika yang sama, sehingga terdapat perbedaan dalam menunjukkan kemampuan berpikir logis matematis.Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir logis matematis siswa berdasarkan tingkat kemampuan matematika di kelas XI SMA Negeri 3 Jember.
Dari penelitian ini peneliti memiliki tujuan sebagai berikut : 1) Mendeskripsikan kemampuan berpikir logis matematis siswa kemampuan matematika tinggi pada materi SPLTV. 2) Mendeskripsikan kemampuan berpikir logis matematis siswa kemampuan matematika sedang pada materi SPLTV. 3) Mendeskripsikan kemampuan berpikir logis matematis siswa kemampuan matematika rendah pada materi SPLTV.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang dilakukan di SMA Negeri 3 Jember. Subjek penelitian dipilih menggunakan teknik purposive sampling, yaitu siswa kelas XI yang telah memperoleh materi SPLTV dan mewakili kategori kemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah berdasarkan hasil nilai ujian harian dan rekomendasi guru. Data dikumpulkan melalui dua teknik yaitu tes tulis dan wawancara. Untuk menjamin keabsahan data, digunakan triangulasi teknik, yaitu mengombinasikan hasil dari tes, wawancara, dan dokumentasi agar data yang diperoleh lebih valid dan terpercaya. Proses analisis data dilakukan menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi tiga tahapan utama, yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian yaitu : 1) Siswa dengan kemampuan matematika tinggi mampu memenuhi ketiga indikator kemampuan berpikir logis matematis secara konsisten, yaitu berpikir runtut, berargumen secara logis, dan menarik kesimpulan yang tepat. 2) Siswa dengan kemampuan matematika sedang hanya memenuhi dua indikator, yaitu berpikir runtut dan menarik kesimpulan, namun kurang mampu membangun argumen yang kuat. 3) Siswa dengan kemampuan matematika rendah hanya mampu memenuhi satu indikator, yaitu berpikir secara runtut, namun lemah dalam menyampaikan argumen dan kesimpulan. Temuan ini menegaskan bahwa tingkat kemampuan matematika berpengaruh terhadap kualitas berpikir logis matematis siswa dalam menyelesaikan soal SPLTV.
Kata Kunci : Kemampuan Berpikir Logis, Kemampuan Matematika, SPLTV

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010102 Algebraic and Differential Geometry
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms ervinareza fatimah
Date Deposited: 03 Jul 2025 13:18
Last Modified: 03 Jul 2025 13:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/45678

Actions (login required)

View Item View Item