Haris, Muhammad (2025) STRATEGI ENDORSEMENT AKUN INSTAGRAM “MAKANANANAKKOSJEMBER” DALAM PENINGKATAN PENJUALAN UKM KULINER DI KABUPATEN JEMBER PADA TAHUN 2024. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
SKRIPSI_Muhammad Haris WM.pdf Download (4MB) |
Abstract
Muhammad Haris, Ahmad Afif. Strategi Endorsement Akun Instagram Makanananakkosjember Dalam Peningkatan Penjualan Ukm Kuliner Di Kabupaten Jember Pada Tahun 2024.
Kata Kunci : Strategi Promosi, Endorsement, Penjualan
Dalam konteks bisnis, promosi merupakan salah satu kegiatan yang membutuhkan biaya relatif besar maka harus memiliki perencanaan yang matang agar biaya yang dikeluarkan sesuai dengan peningkatan penjualan. Dalam meningkatkan penjualan faktor yang penting yaitu dalam menentukan strategi promosi, Salah satunya dengan melakukan endorsement. Endorsement itu sendiri tidak hanya tentang dalam meningkatkan penjualan tetapi juga untuk memperkenalkan produk dari para pelaku usaha agar dapat dikenal dengan khalayak dengan tujuan untuk meningkatkan penjualan.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) bagaimana strategi endorsement pada akun Instagram makanananakkosjember yang digunakan Terhadap peningkatan penjualan UKM kuliner di kabupaten Jember pada tahun 2024? (2) apa feedback atau timbal balik yang didapatkan pihak kuliner dalam meningkatkan penjualan setelah dilakukan endorsement
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) untuk mendeskripsikan apa strategi endosment yang dilakukan oleh akun Instagram makanananakkosjember Terhadap peningkatan penjualan di kabupaten Jember pada tahun 2024 (2) untuk mengetahui feedback atau timbal balik apa yang diperoleh pihak kuliner setelah dilakukan endorsement dalam meningkatkan penjualan pada akun Instagram makanananakkosjember untuk UKM kuliner di kabupaten Jember pada tahun 2024.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pemilihan subjek penelitian dilakukan secara deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi wawancara, dan dokumentasi. Untuk analisis data menggunakan metode analisis deskriptif sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi Teknik.
Kesimpulan dari penelitian ini yakni: strategi promosi melalui endorsement yang dilakukan oleh akun Instagram terbukti efektif dalam meningkatkan penjualan UKM kuliner di kabupaten Jember strategi promosi yang matang dan terarah sangat penting mengingat promosi membutuhkan biaya yang relatif besar sehingga harus mampu memberikan hasil berupa peningkatan penjualan. Endorsement sebagai salah satu bentuk strategi promosi digital, memberikan dampak signifikan dalam memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan brand awarenes.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140101 History of Economic Thought |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Muhammad Haris |
Date Deposited: | 03 Jul 2025 13:51 |
Last Modified: | 03 Jul 2025 13:51 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/45686 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |