Pembentukan Karakter Moral Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun (5S) Di TK Syirkah Salafiyah Pondok Lalang Jenggawah Jember

Rizkiyana, Alifatur (2025) Pembentukan Karakter Moral Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun (5S) Di TK Syirkah Salafiyah Pondok Lalang Jenggawah Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSIII RIRISSS FIX (2).pdf

Download (2MB)

Abstract

Alifatur Rizkiyana, 2025: Pembentukan Karakter Moral Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun (5s) Di TK Syirkah Salafiyah Pondok Lalang Jenggawah Jember.
Kata Kunci: Pembentukan Karakter Moral, Anak Usia Dini, Pembiasaan 5S
Pendidikan karakter paling dasar yang telah diperkenalkan sejak kecil pada saat sekolah dengan pembiasaan 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun). Peserta didik TK Syirkah Salafiyah dalam pembentukan karakter moral masih kurang, karena kurangnya penerapan pembiasaan 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, dan Santun) ini terlihat masih belum berjalan secara maksimal. Hal ini ditandai dengan belum konsistennya siswa dalam menerapkan nilai-nilai tersebut dalam keseharian mereka, seperti ketika siswa datang di pagi hari dan guru menyambut mereka di gerbang dengan senyum dan salam, dan siswa diajak membalas dengan senyuman serta mengucapkan salam kembali, saat memasuki kelas anak-anak diminta mengucapkan salam kepada guru dan teman-temannya sebagai bentuk pembiasaan sapa dan sopan santun, Itu masih belum semua melakukannya dan masih kurang responsif dalam hal itu. Oleh karena itu guru di TK syirkah salafiyah memebiasakan 5S sebagai upaya pembentukan karakter moral anak usia dini.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pelaksanaan pembiasaan Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun (5S) dalam pembentukan karakter moral anak usia dini di TK Syirkah Salafiyah Pondok Lalang Jenggawah Jember? 2) Apa faktor-faktor yang mempengaruhi dalam penerapan pembiasaan Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun (5S) untuk membentuk karakter moral anak usia dini 3) Bagaimana dampak pembiasaan Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun (5S)terhadap karakter moral anak usia dini di TK Syirkah Salafiyah Pondok Lalang Jenggawah Jember?. Sedangkan tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan pelaksanaan, faktor-faktor serta dampak dalam pembentukan karakter moral melalui pembiasaan 5S.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Lokasi penelitian ini bertempat di TK Syirkah Salafiyah Pondok Lalang Jenggawah Jember. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan tiga tahapan yaitu, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan Kesimpulan.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa, pembiasaan 5S dapat membentuk karakter moral anak usia dini dan memberikan dampak yang positif Anak-anak menjadi lebih ceria dalam menyapa guru maupun teman, serta menunjukkan sikap sopan dan santun dalam berkomunikasi pada sikap dan perilaku anak usia dini di TK Syirkah Salafiyah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ms Alifatur Rizkiyana
Date Deposited: 03 Jul 2025 14:00
Last Modified: 03 Jul 2025 14:00
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/45691

Actions (login required)

View Item View Item