Ratnasari, Dwi Hayu (2025) Implementasi Penggunaan Video Hologram 3D Sederhana Sebagai Media Pembelajaran Mengenalkan Ragam Hewan Pada Kelompok A di RA Nur Alawy Slawu Patrang Jember Tahun Ajaran 2024/2025. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.
![]() |
Text
skripsi DWI HAYU R (212101050031) WM.pdf Download (5MB) |
Abstract
Dwi Hayu Ratnasari, 2025: “Implementasi Penggunaan Video Hologram 3D Sederhana Sebagai Media Pembelajaran Mengenalkan Ragam Hewan Pada Kelompok A Di RA Nur Alawy Slawu Patrang Jember Tahun Ajaran 2024/2025”
Kata Kunci: Media Vidio Hologram 3D, keterlibatan anak, hambatam guru.
Teknologi digital yang berkembang pesat saat ini memberikan dampak besar pada dunia pendidikan, termasuk dalam metode pembelajaran untuk anak usia dini. Salah satu inovasi yang perlu digunakan di beberapa lembaga pendidikan adalah media video hologram 3D. Penggunaan media ini berpotensi meningkatkan efektivitas pembelajaran, khususnya dalam mengenalkan ragam hewan pada anak-anak. Pembelajaran pada Kelompok A di RA Nur Alawy Slawu Patrang Jember masih didominasi oleh metode konvensional seperti ceramah dan gambar, sehingga kurang menarik perhatian anak dan membuat mereka kesulitan mengenal ragam hewan secara optimal. Oleh karena itu mengimplementasikan media video hologram 3D sederhana perlu diterapkan untuk menampilkan berbagai jenis hewan secara visual dan interaktif sehingga anak mampu mengenali dan menyebutkan nama hewan dengan lebih baik.
Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana implementasi penggunaan video hologram 3D sederhana sebagai media pembelajaran dalam mengenalkan ragam hewan pada kelompok A di RA Nur Alawy Slawu Patrang Jember tahun ajaran 2024/2025. (2) Bagaimana keterlibatan dan pemahaman anak dalam implementasi penggunaan video hologram 3D sederhana sebagai media pembelajaran dalam mengenalkan ragam hewan pada kelompok A di RA Nur Alawy Slawu Patrang Jember tahun ajaran 2024/2025. (3) Apa saja hambatan guru dalam mengimplementasi penggunaan video hologram 3D sederhana sebagai media pembelajaran dalam mengenalkan ragam hewan pada kelompok A di RA Nur Alawy Slawu Patrang Jember tahun ajaran 2024/2025
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian ini dilakukan di RA Nur Alawy Slawu Patrang Jember. Subjek ditentukan melalui purposive sampling. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dalam tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi dilakukan melalui lima tahapan sistematis (P1–P5): perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi, serta evaluasi dan tindak lanjut. Guru menyiapkan alat dari bahan sederhana seperti karton dan mika, serta memilih video sesuai tema. Selama pembelajaran, guru membimbing anak secara aktif melalui interaksi verbal dan visual. keterlibatan anak dalam proses belajar mengenal ragam hewan mampu menarik perhatian dan merangsang imajinasi anak-anak. Dan juga peningkatan partisipasi aktif anak, anak mampu menyebutkan nama hewan dengan tepat dan menunjukkan minat terhadap pembelajaran. Namun, terdapat beberapa hambatan yang dihadapi oleh guru, di antaranya adalah keterbatasan dalam mengoperasikan teknologi hologram, koneksi internet, kesulitan dalam menyesuaikan pencahayaan ruangan yang optimal, serta tantangan dalam menemukan materi video yang sesuai.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 10 TECHNOLOGY > 1002 Environmental Biotechnology > 100204 Environmental Biotechnology Diagnostics (incl. Biosensors) 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | DWI HAYU RATNASARI |
Date Deposited: | 03 Jul 2025 14:12 |
Last Modified: | 03 Jul 2025 14:12 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/45708 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |