Pengembangan Ensiklopedia Digital Berbasis Kearifan Lokal Upacara Adat Seblang Olehsari di Desa Olehsari Glagah Banyuwangi Pada Materi Klasifikasi Tumbuhan Kelas X MAN 1 Banyuwangi

Bilkhisafa, Dhena Aulia (2025) Pengembangan Ensiklopedia Digital Berbasis Kearifan Lokal Upacara Adat Seblang Olehsari di Desa Olehsari Glagah Banyuwangi Pada Materi Klasifikasi Tumbuhan Kelas X MAN 1 Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Dhena Aulia Bilkhisafa_T20198032.pdf

Download (10MB)

Abstract

Kata Kunci : Ensiklopedia digital, Kearifan Lokal, Seblang Olehsari, Klasifikasi
Tumbuhan.
Penelitian ini mengembangkan suatu produk berupa ensiklopedia digital berbasis kearifan lokal yang menyajikan ilustrasi dan contoh nyata tumbuhan untuk upacara adat Seblang Olehsari, ensiklopedia digital berbasis kearifan lokal dapat digunakan sebagai bahan ajar agar menarik perhatian peserta didik dan memberikan pemahaman terhadap klasifikasi tumbuhan. Pengintegrasian antara
mata pelajaran dan kearifan lokal ini selaras dengan Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 36 ayat 3 bahwa kurikulum yang digunakan dalam proses pembelajaran harus memperhatikan salah satunya
yaitu potensi daerah dan lingkungan tempat tinggal peserta didik.
Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) Mendeskripsikan validitas produk Ensiklopedia Digital Berbasis Kearifan Lokal Upacara Adat Seblang Olehsari di Desa Olehsari Glagah Banyuwangi pada Materi Klasifikasi Tumbuhan untuk Siswa Kelas X MAN 1 Banyuwangi, (2) Mendiskripsikan respon siswa terhadap produk Ensiklopedia Digital Berbasis Kearifan Lokal Upacara Adat Seblang Olehsari di Desa Olehsari Glagah Banyuwangi Pada Materi Klasifikasi Tumbuhan untuk Siswa Kelas X MAN 1 Banyuwangi, (3) Mendeskripsikan efektifitas produk Ensiklopedia Digital Berbasis Kearifan Lokal Upacara Adat Seblang Olehsari di Desa Olehsari Glagah Banyuwangi Pada Materi Klasifikasi Tumbuhan untuk Siswa Kelas X MAN 1 Banyuwangi.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Subjek penilaian produk untuk validasi Ensiklopedia Digital Berbasis Kearifan Lokal yaitu ahli materi, ahli media, ahli kearifan lokal, dan guru Biologi. Uji respon peserta didik dalam penelitian ini yaitu 6 peserta didik dalam uji respon skala kecil dan 22 peserta didik dalam uji respon skala besar.
Berdasarkan dari hasil penelitian pengembangan dapat disimpulkan bahwa: (1) Hasil validasi produk sebesar 94% dari ahli media dengan kategori sangat valid, 96% dari ahli materi dengan kategori sangat valid, 85% dari ahli bahasa dengan kategori valid, 91% dari ahli kearifan lokal dengan kategori sangat valid, 91% dari Guru Biologi dengan kategori sangat valid. (2) Hasil uji respon peserta didik 91,3% dari uji skala kecil dan 86,7% dari uji skala besar. (3) Hasil uji efektivitas menunjukkan perbedaan signifikan (Sig. 0,000) dengan N-gain 0,67 (kategori sedang), sehingga ensiklopedia digital berbasis kearifan lokal dinyatakan efektif terhadap pembelajaran Klasifikasi Tumbuhan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0607 Plant Biology > 060799 Plant Biology not elsewhere classified
06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130306 Educational Technology and Computing
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Dhena Aulia Bilkhisafa
Date Deposited: 03 Jul 2025 14:32
Last Modified: 03 Jul 2025 14:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/45726

Actions (login required)

View Item View Item