Maulidia, Qonita (2025) Manajemen Bimbingan Manasik Umroh Berbaasis Online dalam Meningkatkan Pemahaman Jamaah di PT Shafira Tour and Travel Cabang Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
![]() |
Text
Qonita Maulidia_211103040003.pdf Download (4MB) |
Abstract
Pelaksanaan ibadah umroh harus dilakukan dengan pengetahuan yang mendalam, dengan jumlah jamaah umroh di Indonesia yang meningkat pesat, dengan hampir 2 juta jamaah pada tahun 2024. Namun, masih ada beberapa kekurangan dalam pelaksanaan ibadah umroh, seperti kesulitan jamaah dalam memahami materi bimbingan manasik. PT Shafira Tour & Travel Cabang Jember merupakan salah satu biro travel yang menyediakan layanan bimbingan manasik umroh berbasis online, yang memungkinkan jamaah untuk mengikuti sesi pembelajaran dari mana saja dan kapan saja. Dengan menggunakan teknologi digital, PT Shafira Tour & Travel dapat meningkatkan pemahaman jamaah tentang ibadah umroh dan memberikan pengalaman yang lebih baik.
Penelitian ini berfokus: 1) Bagaimana manajemen bimbingan manasik umroh berbasis online di PT Shafira Tour & Travel Cabang Jember 2) Bagaimana peningkatan pemahaman jamaah umroh di PT Shafira Tour & Travel Cabang Jember.
Penelitian ini juga bertujuan 1) untuk mengetahui dan menganalisis manajemen bimbingan manasik umroh berbasis online di PT Shafira Tour & Travel Cabang Jember. 2) untuk mengetahui peningkatkan pemahaman jamaah di PT Shafira Tour & Travel Cabang Jember.
Metode dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara serta dokumentasi. Analisis data dengan metode kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, dilanjutkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Kesimpulannya manajemen bimbingan manasik umroh di PT Shafira Tour & Travel Cabang Jember memiliki beberapa komponen penting. Pertama, perencanaan yang sistematis dilakukan dengan menyediakan materi dalam format video, e-book dan sesi live yang dapat diakses. Selanjutnya, sumber daya manusia dan teknologi digital dioptimalkan untuk mendukung proses pembelajaran. Pelaksanaan bimbingan dilakukan dengan metode interaktif, namun masih ada kekurangan dalam sesi simulasi dan tanya jawab. Tujuan bimbingan diukur berdasarkan pemahaman jamaah dan kesiapan mental spiritual mereka. Monitoring dan evaluasi berkelanjutan dilakukan untuk meningkatkan kualitas bimbingan. Pemahaman ibadah umrah jamaah di PT Shafira Tour & Travel Cabang Jember mempunyai beberapa indikator, yaitu keterlibatan aktif tercermin dari partisipasi jamaah dalam bimbingan, sedangkan penerapan pengetahuan terlihat dari kemampuan jamaah mengimplementasikan materi. Namun, masih ada kekurangan dalam penekanan penerapan pengetahuan setelah jamaah kembali. Kepuasan belajar dan perubahan perilaku jamaah juga menjadi indikator penting dalam memahami efektivitas bimbingan manasik umroh.
Kata kunci: Manajemen bimbingan manasik, umroh, pemahaman jamaah
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services > 159999 Commerce, Management, Tourism and Services not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah |
Depositing User: | Qonita Maulidia |
Date Deposited: | 03 Jul 2025 14:38 |
Last Modified: | 03 Jul 2025 14:38 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/45734 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |