EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA BERBASIS GENIALLY DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI PESERTA DIDIK KELAS X DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 5 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Fitriyani, Linda (2025) EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA BERBASIS GENIALLY DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI PESERTA DIDIK KELAS X DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 5 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi_linda_distribusi watermark.pdf

Download (7MB)

Abstract

Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada zaman digital saat ini dapat disajikan dengan cara yang lebih menarik peserta didik. Salah satunya yaitu dengan menggunakan media pembelajaran berupa permainan ular tangga yang diproduksi dengan berbantukan platform genially. Pada platform genially terdapat unsur permainan/game secara interaktif yang dapat meningkatkan keterlibatan peserta didik, serta menarik perhatian peserta didik sehingga membantu meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah media pembelajaran ular tangga berbasis genially efektif dalam meningkatkan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti peserta didik kelas X di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 Jember tahun pelajaran 2024/2025?. Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran ular tangga berbasis genially dalam meningkatkan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti peserta didik kelas X di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 Jember tahun pelajaran 2024/2025.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis Quasi Experimental. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 Jember yang berjumlah 859, sedangkan sampel penelitiannya adalah peserta didik kelas X di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 Jember jurusan Agribisnis Perbenihan Tanaman yang berjumlah 32, dan peserta didik kelas X jurusan Agribisnis Tanaman Perkebunan yang berjumlah 34. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji hipotesis dengan independent sample t-test.
Hasil penelitian yang didapat dari uji independent sample t-test terhadap hasil angket motivasi belajar sesudah pembelajaran pada kelas eksperimen dan kontrol, diperoleh hasil nilai sig (2-tailed) sebesar 0.000, karena 0.000 < 0.05, artinya Ha diterima dan Ho ditolak, yang menunjukkan bahwa media pembelajaran ular tangga berbasis genially efektif dalam meningkatkan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti peserta didik kelas X di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 Jember tahun pelajaran 2024/2025.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Linda Fitriyani
Date Deposited: 03 Jul 2025 14:40
Last Modified: 03 Jul 2025 14:40
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/45735

Actions (login required)

View Item View Item