Strategi Pengelolaan Program Kelas Bina Insan Cendekia (BIC) di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember

Tammamy, Retista (2025) Strategi Pengelolaan Program Kelas Bina Insan Cendekia (BIC) di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi Retista Tammamy Distrubusi 1.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan di madrasah memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan kompetensi siswa yang tidak hanya cerdas secara akademik tetapi juga berakhlak mulia. Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan dan menyiapkan generasi unggul yang memiliki integritas keislaman serta daya saing tinggi, Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember melaksanakan program Bina Insan Cendekia (BIC). Keberhasilan program BIC sangat dipengaruhi oleh peran strategis dalam pengelolaan madrasah dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi kegiatan tersebut secara efektif dan efisien.
Fokus penelitian ini adalah 1). Bagaimana strategi perencanaan dalam pengelolaan program kelas Bina Insan Cendekia di MAN 1 Jember?, 2). Bagaimana strategi pelaksanaan dalam pengelolaan program kelas Bina Insan Cendekia di MAN 1 Jember?, 3). Bagaimana strategi evaluasi dalam pengelolaan program kelas Bina Insan Cendekia di MAN 1 Jember?, 4). Apa saja kendala dalam program kelas Bina Insan Cendekia di MAN 1 Jember?
Tujuan penelitian ini adalah 1). Mendeksripsikan strategi perencanaan dalam pengelolaan program kelas Bina Insan Cendekia (BIC) di MAN 1 Jember, 2).Mendeksripsikan strategi pelaksanaan dalam pengelolaan program kelas Bina Insan Cendekia (BIC) di MAN 1 Jember, 3). Mendeksripsikan strategi evaluasi dalam pengelolaan program kelas Bina Insan Cendekia (BIC) di MAN 1 Jember, 4). Mendeksripsikan kendala dalam program kelas Bina Insan Cendekia (BIC) di MAN 1 Jember
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deksriptif. Pengumpulan data menggunakan observasi partispatif , wawancara terstruktur dan dokumentasi. Kemudian analisis data penelitian ini menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Simpulan penelitian ini bahwa: Strategi Pengelolaan Program Kelas Bina Insan Cendekia di MAN 1 Jember yaitu : merencanakan program kelas Bina Insan Cendekia dengan melibatkan tim pengembangan madrasah, selanjutnya membentuk dokumen KOM, yang berisi tentang kurikulum keasramaan, dan nasional. Pelaksanaan program dilakukan secara sistematis rekrutmen pengajar berkualitas, kurikulum akademik yang terintegrasi dengan kegiatan asrama. Evaluasi program dilakukan setiap bulan dengan melibatkan kepala madrasah, wakil kepala, guru, dan tentor menggunakan Kendala utama dalam pelaksanaan program meliputi keterbatasan waktu siswa, rasa lelah, dan kurangnya motivasi beberapa peserta didik, yang diatasi dengan pendekatan personal, pembinaan motivasi, serta penyesuaian jadwal belajar agar lebih fleksibel dan sesuai kebutuhan siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Retista Tammamy
Date Deposited: 03 Jul 2025 15:11
Last Modified: 03 Jul 2025 15:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/45781

Actions (login required)

View Item View Item